Lutung Jawa yang Masuk ke Rumah Warga di Kecamatan Weru Cirebon Sempat Berkeliaran di Desa Lain

Lutung Jawa yang masuk ke rumah warga di Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, ternyata sempat berkeliaran di Desa Pasalakan

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Petugas KSDA Resor Cirebon saat mengevakuasi lutung Jawa yang sempat masuk ke rumah warga di kantor Damkar Sektor Weru, Jalan Otista, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Rabu (3/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Lutung Jawa yang masuk ke rumah warga di Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, ternyata sempat berkeliaran di Desa Pasalakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Petugas Polisi Hutan KSDA Resor Cirebon, Ade Kurniadi Karim, mengatakan, sempat menerima laporan warga mengenai keberadaan lutung Jawa di Desa Pasalakan.

Menurut dia, laporan itu diterima pada pertengahan Juli 2022. Bahkan, pihaknya pun bertindak cepat dan memasang kandang jebak besar dan kecil di lokasi sekitar primata itu berkeliaran.

Baca juga: Lutung Jawa Hebohkan Warga Kecamatan Weru, Nyelonong Masuk Rumah, Dievakuasi KSDA Resor Cirebon

"Kemungkinan ini lutung Jawa yang sama, karena kami belum berhasil mengevakuasi di Desa Pasalakan," kata Ade Kurniadi Karim saat ditemui di KSDA Resor Cirebon, Jalan Fatahillah, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Rabu (3/7/2022).

Ia mengatakan, kandang jebak besar dan kecil tersebut dipasang di areal pemakaman umum Desa Pasalakan yang dikelilingi pepohonan rindang.

Lokasi tersebut merupakan tempat lutung Jawa berkeliaran dan sempat dilihat oleh warga setempat. Namun, pemasangan kandang jebak itu belum membuahkan hasil.

"Saat ini, satwa tersebut sudah dievakuasi dan kondisinya dipastikan sehat, aktif bergerak, dan galak karena sedang dalam masa pubertas atau birahi," ujar Ade Kurniadi Karim.

Menurut dia, jika dilihat dari kondisi lutung Jawa itu yang bersih dan jinak maka kemungkinan besar satwa tersebut merupakan peliharaan warga.

Bahkan, ia memperkirakan pemiliknya sengaja melepaskan primata tersebut, karena sedang dalam masa birahi sehingga sedikit galak dan agresif.

Baca juga: Seekor Lutung Bikin Heboh Warga Palabuhanratu Sukabumi, Tiba-tiba Masuk ke Dalam Rumah

Pasalnya, habitat lutung Jawa ialah hutan alam/lindung atau kawasan konservasi, sehingga tidak mungkin hidup di kawasan perkotaan seperti Desa Setu Kulon maupun Desa Pasalakan.

"Ini satwa dilindungi, jika memelihara tanpa izin maka melanggar UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," kata Ade Kurniadi Karim.

Diberitakan sebelumnya, lutung Jawa itu masuk ke rumah warga yang kebetulan pintunya tengah terbuka pada Selasa (2/8/2022) kira-kira pukul 06.00 WIB.

Bahkan, satwa itu sempat masuk ke salah satu kamar di rumah warga sehingga petugas langsung bertindak cepat untuk mengevakuasinya.

Petugas Damkar Sektor Weru berhasil mengevakuasinya setelah dipancing menggunakan pisang. Proses evakuasi itu berjalan lancar, karena lutung Jawa tersebut tergolong jinak.

Baca juga: Uus Menangis Saat Serahkan Lutung Jawa ke BKSDA Garut, Manda Dicium Berkali-kali

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved