Lutung Jawa Hebohkan Warga Kecamatan Weru, Nyelonong Masuk Rumah, Dievakuasi KSDA Resor Cirebon

Petugas KSDA Resor Cirebon mengevakuasi lutung jawa yang masuk ke rumah warga.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Dok BKSDA Resor Cirebon
Petugas KSDA Resor Cirebon saat mengevakuasi lutung Jawa di kantor Damkar Sektor Weru, Jalan Otista, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Rabu (3/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Petugas KSDA Resor Cirebon mengevakuasi lutung Jawa dari kantor Damkar Sektor Weru, Kabupaten Cirebon.

Primata tersebut sempat masuk ke rumah warga di Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, pada Selasa (2/8/2022).

Petugas Polisi Hutan KSDA Resor Cirebon, Ade Kurniadi Karim, memastikan satwa itu bukan surili, melainkan lutung Jawa atau Trachypithecus auratus.

"Ini lutung Jawa, bukan surili, karena beda warna, bentuk rupa, pola hidup, dan lainnya, meski sama-sama primata," ujar Ade Kurniadi Karim saat ditemui di KSDA Resor Cirebon, Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (3/8/2022).

Ia mengatakan, satwa tersebut langsung dievakuasi setelah jajarannya menerima laporan adanya primata yang masuk ke rumah warga dan telah dibawa ke kantor Damkar Sektor Weru.

Pihaknya pun sempat memeriksa kondisi lutung Jawa itu.

Dipastikan, kondisi satwa tersebut sehat dan aktif, meski ditemukan luka kecil di tubuhnya.

"Secara kasat mata kondisinya sehat, aktif bergerak, liar, dan galak, karena satwa tersebut sedang memasuki masa pubertas," kata Ade Kurniadi Karim.

Ade menyampaikan, telah berkoordinasi untuk memutuskan penanganan lanjutan terhadap lutung Jawa yang telah dievakuasi tersebut.

Rencananya, satwa itu bakal dititiprawatkan ke Lembaga Konservasi Khusus Satwa Primata The Aspinall Foundation di Ciwidey, Bandung.

"Kami titip rawat dulu, sebelum dilepasliarkan ke habitatnya. Untuk wilayah Jabar, ada banyak kawasan konservasi yang menjadi habitat lutung Jawa," ujar Ade Kurniadi Karim.

Diberitakan sebelumnya, lutung Jawa itu masuk ke rumah warga yang kebetulan pintunya tengah terbuka kira-kira pukul 06.00 WIB.

Bahkan, satwa itu sempat masuk ke salah satu kamar di rumah warga sehingga petugas langsung bertindak cepat untuk mengevakuasinya.

Petugas Damkar Sektor Weru berhasil mengevakuasinya setelah dipancing menggunakan pisang. Proses evakuasi itu berjalan lancar, karena lutung Jawa tersebut tergolong jinak.

Baca juga: Seekor Lutung Bikin Heboh Warga Palabuhanratu Sukabumi, Tiba-tiba Masuk ke Dalam Rumah

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved