Retakan Tanah di Ciamis

25 Rumah di Nasol Ciamis Terancam Retakan Tanah, Termasuk Masjid Ibnu Taimiyah

Selain mengancam puluhan rumah, retakan tanah di Nasol Ciamis juga mengancam dua masjid.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Andri M Dani
Setidaknya 25 rumah di Dusun Desa, RT 11 dan RT 12, Desa Nasol, Cikoneng, Ciamis, terancam retakan tanah yang terjadi sejak Selasa (2/8/2022) pukul 04.00 dini hari. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Setidaknya 25 rumah berikut 2 masjid di Dusun Desa, RT 11 dan 12/04, Desa Nasol, Cikoneng, Ciamis, terancam, terkepung retakan tanah.

Panjang retakan tanah mencapai 350 meter, dengan lebar retakan bervariasi ada yang mencapai 10 cm.

Rengkahan tanah amblas tersebut tidak hanya terjadi menimpa halaman rumah dan teras rumah warga. Tapi retakan yang cukup panjang dan terlihat menganga ada juga sisi jalan Jetak-Nasol.

Lokasi permukiman warga yang terkepung retakan tanah tersebut merupakan permukiman padat penduduk yang berada di sisi jalan besar, yang menghubungkan persimpangan jetak (Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya)-Nasol.

Rengkahan tanah tersebut terjadi Selasa (2/8/2022) dini hari sekitar pukul 04.00 saat sebagian besar warga sedang tertidur lelap.

“Kejadiannya sekitar pukul 04.00 menjelang subuh kemarin (Selasa, 2/8). Tidak ada hujan, kan, sudah beberapa hari ini tidak ada hujan. Pas bangun subuh halaman kok sudah rengkah-rengkah,” ujar Mang Hadis (72), warga di lokasi kejadian kepada Tribun Rabu (3/8/2022).

Tidak hanya halaman dan teras rumah yang rengkah-rengkah, tapi juga sisi jalan serta selokan sisi jalan.

“Selokan ini biasanya ada air lewat, tetapi pas kejadian kemarin malam, air selokan menghilang tersedot masuk ke dalam tanah. Masuk ke dalam tembok selokan ini," ucap Mang Hadis sembari memperlihatkan lobang dinding selokan yang sudah kering akibat airnya menghilang tersedot masuk tanah.

Dari 25 rumah warga yang berada di 2 RT yang berlokasi di kaki Gunung Sawal tersebut, halaman rumah Mak Yayah (70) mengalami kerusakan paling parah.

Halaman rumah janda tua tersebut rengkah-rengkah, berikut tembok teras rumah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved