Dinkes Kabupaten Cirebon Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman, Bahkan Jenis Covovax Masih Cukup Banyak

Jumlah vaksi di Cirebon tersebut masih mencukupi, karena permintaan vaksin dari puskesmas dan penyelenggara vaksinasi massal juga melandai.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Petugas mengecek stok vaksin Covid-19 di Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (2/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Stok vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon hingga kini dipastikan aman.

Kepala Sub Koordinator Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinkes Kabupaten Cirebon, Damiri, mengatakan, persediaan vaksin saat ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bahkan, menurut dia, stok vaksin jenis Covovax yang biasa digunakan untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua juga jumlahnya cukup banyak.

Baca juga: 4000 Dosis Diberikan ke Pelajar dan Warga Saat Vaksinasi Massal BIN RI dan Puskesmas Kademangan

"Untuk Covovax saat ini stoknya terdapat 1200 vial," ujar Damiri saat ditemui di Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (2/8/2022).

Sementara persediaan vaksin jenis Pfizer yang dialokasikan khusus untuk vaksinasi booster atau dosis ketiga mencapai 194 vial dan dapat berikan kepada 2328 orang.

Ia mengatakan, jumlah tersebut masih mencukupi, karena permintaan vaksin dari puskesmas dan penyelenggara vaksinasi massal juga melandai.

Namun, jika permintaan vaksin meningkat maka Dinkes Kabupaten Cirebon siap memenuhinya dan meminta ke Pemprov Jawa Barat.

Selain itu, Damiri menyampaikan, saat ini proses pengiriman vaksin Covid-19 dari Pemprov Jawa Barat lebih cepat dibanding sebelumnya.

"Sekarang lebih cepat pengirimannya, tidak seperti awal-awal pencanangan program vaksinasi, sehingga kalau stok menipis langsung minta lagi," kata Damiri.

Baca juga: Belum Vaksinasi Booster? Polres Cirebon Kota Siapkan 11 Titik Vaksinasi Covid-19 Setiap Hari

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, hingga akhir Juli 2022 capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 93,51 persen.

Selain itu, vaksinasi dosis kedua mencapai 82,04 persen, dan dosis ketiga atai booster di Kabupaten Cirebon baru mencapai 36,68 persen.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved