Udjo Reborn, Acara Meriah Sebagai Ucapan Terima Kasih dari Saung Angklung Udjo pada Para Penyelamat

Setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19, Saung Angklung Udjo (SAU) kembali menggeliat. Sabtu dengan menggelar acara monumental, Udjo Reborn.

Penulis: Adi Sasono | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/ADI SASONO
Setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19, Saung Angklung Udjo (SAU) kembali menggeliat. Sabtu dengan menggelar acara monumental, Udjo Reborn, Sabtu (30/7/2022) malam. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19, Saung Angklung Udjo (SAU) kembali menggeliat.

Pada Sabtu (30/7/2022) malam, SAU menggelar acara monumental, Udjo Reborn.

Acara yang dipusatkan di Bale Mandapa SAU di Jalan Padasuka Bandung itu memilih tema 'The Rise of Java Tourism' diawali makan malam untuk para undangan dengan menu tradisional.

Beberapa menit menjelang pukul 20.00 WIB, acara utama hasil kerja bareng SAU dan BRI itu dimulai.

Diawali dengan Angklung Buhun yang  menggambarkan upacara pemanggilan Dewi Sri (dewi kesuburan), diikuti tarian Kuda Barong dan Heularan yang biasanya dimainkan saat khitanan.

Ketiga tarian itu dimainkan secara berturut-turut seperti sebuah rangkaian, dengan jeda yang sangat tipis.

Setelah jeda, puluhan personel polwan dan kowad berseragam mengambil alih panggung pertunjukan.

Dengan masing-masing memegang angklung, mereka terlibat dalam komposisi medley beberapa lagu, antara lain Manuk Dadali dan lain-lain.

"Kolaborasi ini menunjukkan bahwa kami, TNI dan Polri, selalu bekerja sama menjaga negara Indonesia ini tetap ada dan bertahan sampai kapanpun," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengomentari kolaborasi itu.

Beberapa penampilan lain musik yang didominasi bunyi-bunyian angklung dan arumba ikut menghentak dan mengundang tepuk tangan para penonton Udjo Reborn. Medley tiga lagu ABBA, Chiquitita, Fernando dan Dancing Queen menjadi terasa unik di telinga gara-gara bunyi-bunyian arumba dikawinkan dengan alat musik modern.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved