Polres Sumedang Sudah Terima Pemberitahuan Demo di BPN Besok, Bersiap Mengawal dan Lakukan Ini

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan, 200 personel gabungan bakal dikerahkan untuk mengawal aksi warga terdampak tol Cisumdawu ke BPN

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Warga didampingi Forum Kepemudaan AMX Indonesia berunjuk rasa di depan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumedang, Selasa (17/5/2022). Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan, 200 personel gabungan bakal dikerahkan untuk mengawal aksi warga terdampak tol Cisumdawu ke BPN Sumedang, Senin (1/8/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kepala Kepolisian Resor Sumedang, AKBP Indra Setiawan menyebutkan pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan dari warga terdampak tol Cisumdawu yang akan menyampaikan aksi unjuk rasa di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumedang, Senin (1/8/2022) besok. 

"Sudah, kami sudah terima pemberitahuan aksi warga terdampak tol Cisumdawu yang akan berunjuk rasa di BPN Sumedang," kata Indra Setiawan saat dihubungi TribunJabar.id, Minggu (31/7/2022). 

Kapolres mengatakan, sebanyak 200 personel gabungan bakal dikerahkan untuk menjaga keamanan dan mengawal aksi warga terdampak tol Cisumdawu tersebut. 

"Ratusan personel gabungan bakal dikerahkan di area kantor BPN dan bundaran Binokasih," katanya. 

Meski begitu, kata Indra, pihaknya telah menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas di lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya warga yang akan menyelenggarakan aksi atau demontrasi tersebut. 

"Jika mengakibatkan kemacetan panjang di daerah itu, akan dilakukan rekayasa," ucapnya. 

Baca juga: Pengadaan Lahan untuk Tol Cisumdawu Belum Kelar, Masih Ada Kendala, Begini Kata BPN Sumedang

Indra berpesan agar aksi demonstrasi berjalan dengan tertib dan tak anarkis.

"Silakan saja berunjuk rasa, yang jelas diimbau tertib, dan tetap menjaga kondusifitas. Kami akan melayani jalannya aksi unjukrasa," ucap Kapolres. 

Pembayaran Belum Selesai

Masyarakat terdampak Tol Cisumdawu bersama sejumlah anggota Organisasi Masyarakat (Ormas) AMX Indonesia akan mendemo Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumedang, Senin (1/8/2022). 

Mereka adalah kelompak masyarakat yang tanahnya dipakai tol, tetapi belum selesai pembayarannya.

Tanah dan aset mereka di atas tanah itu hilang. 

"Betul kami akan unjuk rasa. Kami akan pasang bendera kuning simbol bahwa Kantor BPN Sumedang telah mati," kata Asep Rohmat, Ketua AMX Indonesia sekaligus Koordinator Aksi saat ditemui di Sumedang, Minggu (31/7/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved