Platform Learning-X, Politeknik Negeri Bandung Dukung Cetak Jutaan Talenta Digital Berkualitas

Dengan Platform Learning-X diharapkan dapat Mencetak Jutaan Talenta Digital Berkualitas di Indonesia

Editor: Siti Fatimah
dok Polban
Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama dengan LX Internasional menyelenggarakan Workshop secara Hybrid dengan tema “Menyiapkan Jutaan Talenta Digital Indonesia dengan Kurikulum Merdeka SMK dan Platform Learning X (LG Group-Korea Selatan). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Upaya untuk meningkatkan kompetensi dibidang digital dan program link and match dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama dengan LX Internasional menyelenggarakan Workshop secara Hybrid dengan tema “Menyiapkan Jutaan Talenta Digital Indonesia dengan Kurikulum Merdeka SMK dan Platform Learning X (LG Group-Korea Selatan).

Diharapkan workshop ini dapat meningkatkan kompetensi pendidikan digital para siswa SMK.

Workshop dilaksanakan di Ruang Auditorium Politeknik Negeri Bandung https://www.polban.ac.id pada hari Senin, 25 Juli 2022, dengan narasumber Pakar Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, (Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek tahun 2020- 2022).

Hadir pada acara workshop ini para Kepala Sekolah SMK se- Bandung Raya, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Hadir pada acara workshop ini, Ramlis (Ketua MMKS SMK Provinsi Jabar), H. Dedi Supandi, (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jabar), Saryadi, (Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Indsutri), Widada (Ketua MKKS SMK D.I. Yogjakarta), Didik Wardaya, (Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga D.I. Yogjakarta), Pimpinan Polban, dan Myung Jae Shin (Head of Online Education Learning-X).

foto dok 1- acara workshop vokasi di Polban
Pakar Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto

Menurut Wikan Sakarinto, Platform Learning-X ini akan terintegrasi langsung dengan kurikulum Merdeka SMK diharapkan talenta digital lulusan SMK nantinya mampu memahami konsep serta bagaimana teknologi digital bekerja untuk menemukan solusi nyata di bidangnya. Platform Learning-X siap menghasilkan jutaan lulusan SMK yang bertalenta digital.

"Kedepan tahun 2030, untuk menjadikan bangsa Indonesia siap menjadi e-economy diperlukan kurang lebih 17 juta talenta-talenta digital yang melek akan teknologi. Keberhasilan Learning-X sudah terbukti di Korea Selatan, dan saat ini Learning-X ikut membantu ratusan SMK di Indonesia melalui Kemendikbud, Ristek untuk bisa menerapkan e-learning guna menciptakan talenta digital,"kata Wikan.

Platform learning X politeknik negeri bandung
Platform Learning-X, Politeknik Negeri Bandung dukung cetak jutaan talenta digital berkualitas

Wikan menilai pendidikan vokasi sangat dibutuhkan dalam dunia digital di masa yang akan datang, terutama untuk penyerapan tenaga kerja.

"Dengan adanya Learning-X sebisa mungkin jangan hanya dijadikan kegiatan ekstrakurikuler, tetapi menjadi intrakurikuker, sehingga terjadi penyelarasan kurikulum antara kurikulum merdeka dengan kurikulum industri," katanya.

Disisi lain, Direktur Politeknik Negeri Bandung, Rachmad Imbang Tritjahjono menyambut baik kedatangan Platform Learning-X dalam mempersiapkan anak-anak SMK bertalenta dalam ekosistem digital.

Kerjasama dengan Learning-X ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin guna menciptakan generasi yang paham akan teknologi .

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved