Pengembangan Kualitas dan Kompetensi Mahasiswa Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Polban

Pengembangan Kualitas dan Kompetensi Mahasiswa Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Polban

Editor: Siti Fatimah
dok Polban
Mahasiswa Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Polban, Penerima Beasiswa dari PT Bitzer Compressors Indonesia 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tahun ini, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kompetensi
mahasiswanya, Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung  kembali bekerja sama dengan PT Bitzer Compressors Indonesia.

Naskah Kesepahaman Kerja sama telah ditandatangani oleh Direktur Pelaksana PT Bitzer Compressors Indonesia, Luca Bernini dengan Direktur Polban, Dr. Ir. Rachmad Imbang Tritjahjono, M.T. pada tanggal 14 Juli 2022.

Adapun tujuan kerja sama adalah agar dunia kerja dan dunia pendidikan dapat saling mendukung dalam kemitraan sesuai dengan tanggung jawab, wewenang dan kapasitas masing- masing.

Sasaran bersama yang ingin dicapai adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung  dalam menerapkan ilmu dan kompetensi yang diperoleh selama masa pendidikannya sehingga sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi di dunia kerja.

Foto Bersama Manajemen, Mahasiswa Polban dan PT Bitzer Compressors Indonesia
Foto Bersama Manajemen, Mahasiswa Polban dan PT Bitzer Compressors Indonesia

Salah satu caranya adalah memperkenalkan iklim dunia kerja dan memberikan keterampilan khusus yang dibutuhkan di bidang industri refrigerasi dan tata udara melalui program Kerja Praktik (KP) pada setiap semester.

Juga, memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan penelitian Tugas Akhir jika diperlukan.

Setiap mahasiswa Kerja Praktik (KP) akan membuat laporan kepada PT Bitzer Compressors Indonesia yang akan digunakan sebagai bahan referensi untuk program selanjutnya.

Luca Bernini dalam sambutannya juga mengatakan bahwa selain program Kerja Praktik (KP), juga akan diadakan pelatihan terkait bidang refrigerasi dan tata udara oleh PT Bitzer Compressors Indonesia.

Tujuannya menambah pengetahuan dan wawasan tentang teknologi terapan yang digunakan di dunia industri. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami fungsi dan cara kerja peralatan refrigerasi dan tata udara, PT Bitzer Compressors Indonesia akan memberikan hibah bantuan pendidikan berupa alat peraga seperti kompresor dan/atau unit
refrigerasi, diharapkan mahasiswa dapat mengoperasikan serta merawat peralatan tersebut sesuai dengan fungsinya.

Dalam kerja sama tahun kedua ini, program unggulannya adalah Program Beasiswa Bitzer.

Program ini merupakan kali kedua beasiswa Bitzer diberikan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara.

Beasiswa Bitzer ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara finansial sehingga hambatan tersebut tidak menghalangi mahasiswa untuk terus berprestasi dan meningkatkan kualitas.

Beasiswa ini berlaku selama satu tahun dan akan dievaluasi berdasarkan hasil prestasi akademik mahasiswa yang bersangkutan.
Mahasiswa yang terpilih untuk menerima beasiswa diharapkan untuk melakukan Kerja Praktik (KP), penelitian Tugas Akhir di PT Bitzer Compressors Indonesia dan membagi ilmu dan pengalaman yang didapatkan kepada rekan-rekan mahasiswa lainnya.

Harapan Ketua Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Polban, adalah agar pelaksanaan program kerja sama ini dapat terus berjalan dan berkesinambungan sehingga kemitraan yang harmonis antara dunia kerja dengan dunia pendidikan dapat terwujud.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved