Naik Si Ratu Keliling Pantai Sukabumi sampai Cisolok, Gratis, Ini Jam Operasionalnya

Tribunjabar.id mencoba langsung menikmati sensasi naik Si Ratu menikmati keindahan kota dan pantai, Sabtu (30/7/2022).

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Ravianto
m rizal jalaludin/tribun jabar
Si Ratu, mobil gratis yang disediakan Pemkab Sukabumi bagi wisatawan di Pantai Palabuhan Ratu 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi resmi mengoperasikan "Si Ratu" untuk memfasilitasi warga jalan-jalan menikmati keindahan kota dan pantai Geopark di wilayah Palabuhanratu hingga Cisolok.

Si Ratu ini beroperasi setiap weekend, hari Sabtu dan Minggu.

Kali ini, Tribunjabar.id mencoba langsung menikmati sensasi naik Si Ratu menikmati keindahan kota dan pantai, Sabtu (30/7/2022).

Mobil wisata ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB - 17.00 WIB.

Dengan dipandu guide muda nan cantik dari Dinas Pariwisata, penumpang diberikan wawasan ilmu pengetahuan tengang Geopark Ciletuh dan sejumlah titik tempat yang dilewati.

Si Ratu bertolak dari Lapangan Cangehgar, Jalan Ahmad Yani, lalu ke Jalan Cangehgar, menyusuri jalan Siliwangi, jalur pantai Citepus hingga ke pantai Karanghawu, Cisolok.

Guide Si Ratu dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Saffanah mengatakan, ada 10 titik yang dilewati Si Ratu dari berangkat hingga Karanghawu, ia tidak menyebut satu per satu titik tempat tersebut.

"Menjelaskan tentang tempat-tempat yang ada di Palabuhanratu hingga Karanghawu Cisolok, sekitar 10 titik ada, berangkat dari Lapang Cangehgar, Jalan Siliwangi sampai ke Karanghawu," ujar Guide yang masih berusia 17 tahun ini.

Dalam perjalanan, Saffanah juga menjelaskan sejarah tempat-tempat yang dilewati, mulai dari Alun-alun Masjid Agung Palabuhanratu, sejarah jalan Siliwangi, Pasar, Gado Bangkong, Hotel Pondok Dewata, pembangunan Pelabuhan Kapal, gedung tahan gempa, Istana Presiden Pasanggrahan dan titik-titik lain.

Wisatawan juga disuguhkan dengan pemandangan lepas pantai saat melintas di jalan pantai Muara Citepus. Disertai angin sepoi-sepoi menambah kesejukan perjalanan ditengah terik matahari.

Saffanah mengatakan, Si Ratu muat sampai 25 orang, warga yang naik Si Ratu ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sesampainya di Karanghawu, wisatawan diberi waktu istirahat 25 menit untuk menikmati keindahan pantai, bermain di pantai atau sekedar jajan.

"Dikasih waktu istirahat di Karanghawu 25 menit, ini minimal 25 orang muat, tapi tempat duduknya buat 15 orang, yang lainnya berdiri. Sekarang masih free, gratis untuk masyarakat, kalau nanti kan untuk wisatawan, sekarang lagi uji coba untuk masyarakat di sini aja," jelas Saffanah.* (M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved