Menilik Tradisi Pembacaan Babad Cirebon di Bangunan Pertama yang Didirikan di Kota Udang

Dalam tradisi itu, dibacakan sejarah berdirinya Cirebon yang dikutip dari kitab Purwaka Caruban Nagari yang ditulis Wangsakerta pada 1669.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Pangeran Kumisi, Pangeran Besus Nugraha, saat membacakan babad Cirebon di Bangsal Witana Keraton Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Sabtu (30/7/2022) malam. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Tradisi pembacaan Babad Cirebon digelar di Bangsal Witana Keraton Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Sabtu (30/7/2022) malam.

Dalam tradisi itu, dibacakan sejarah berdirinya Cirebon yang dikutip dari Kitab Purwaka Caruban Nagari yang ditulis Wangsakerta pada 1669.

Prosesi pembacaan Babad Cirebon dipimpin oleh pangeran kumisi atau pejabat yang berpangkat satu tingkat di bawah patih Keraton Kanoman.

Baca juga: Grebeg Syawal, Tradisi Nyekar Ala Keraton Kanoman Cirebon yang Dilaksanakan Setelah Idulfitri

Setelah memimpin doa dan tawasul, Pangeran Kumisi yang bernama Pangeran Besus Nugraha itu pun tampak memulai membacakan Babad Cirebon di Bangsal Witana Keraton Kanoman.

Empat lilin setinggi kira-kira 50 cm terlihat menjadi sumber penerang utama bagi pangeran kumisi saat membacakam sejarah berdirinya Kota Udang.

Sultan Kanoman, Sultan Raja M Emirudin, Patih Keraton Kanoman, Pangeran Patih M Qodiran, dan lainnya tampak menyimak pembacaan Babad Cirebon.

Juru Bicara Keraton Kanoman, Ratu Raja Arimbi Nurtina, mengatakan, Babad Cirebon merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap 1 Muharam.

Menurut dia, tradisi tersebut berlangsung sejak ratusan tahun lalu, bahkan diperkirakan Babad Cirebon mulai digelar pada 1529 dan berlangsung hingga kini.

"Tidak menutup kemungkinan tradisi Babad Cirebon sudah dilaksanakan sebelum tahun tersebut," ujar Arimbi Nurtina saat ditemui seusai kegiatan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved