Pemkot Bandung Luncurkan Logo HJKB ke 212, Hadirkan Bentuk Manuk Cangkurileung Simbol Keramahan

Logo Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB) resmi diluncurkan Jumat (29/7/2022). Logo ini terpilih dari proses sayembara yang digelar Disbudpar Bandung

ISTIMEWA/IKLAN
Pemerintah Kota Bandung resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB), Jumat (29/7/2022). Logo ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB), Jumat (29/7/2022). Logo ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Logo HJKB 212 ini berkonsep angka 212 dengan membentuk salahsatu hewan endemik atau hewan yang menjadi ciri khas Kota Bandung, yakni burung Kutilang atau yang biasa dikenal Manuk Cangkurileung.

Pada logo itu terdapat tiga warna yang mewakili bendera Pemkot Bandung, antara lain biru, kuning, dan hijau. Tak hanya gambar logo, tetapi di bawah logo terdapat tagline 'Bangkit Bersama untuk Bandung Juara'.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan bentuk keseluruhan logo menyerupai bentuk manuk cangkurileung yang dapat menjadi simbol keramahtamahan, sebagaimana orang Bandung yang dikenal someah.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana member sambutan pada peluncuran logo Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB), Jumat (29/7/2022). Logo dengan bentuk manuk cangkurileung ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana member sambutan pada peluncuran logo Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB), Jumat (29/7/2022). Logo dengan bentuk manuk cangkurileung ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. (ISTIMEWA/IKLAN)

Tak hanya itu, cangkurileung juga menjadi simbol kreativitas sejalan dengan Kota Bandung yang anak-anak mudanya dikenal kreatif.

Baca juga: Peringati Hari Jadi Kota Bandung, Ada Program Braga, Mulai Dari Bantu UMKM Hingga Promo Kuliner

"Orang Bandung dikenal ramah dan someah serta kreatif, manuk cangkurileung juga merepresentasikan kebersamaan, kesolidan, dan kekompakan Pemkot Bandung beserta masyarakatnya dalam menuntaskan pandemi, " katanya saat peluncuran logo HJKB 212 di Hotel Pullman Bandung Grand Central.

Yana menambahkan, tagline 'Bangkit Bersama untuk Bandung Juara', memiliki pesan menegaskan bahwa kondisi Kota Bandung terkini, yaitu menjelang Hari Jadi ke-212 yang diperingati setiap 25 September dapat menjadi momentum kebangkitan setelah terdampak terpaan pandemi Covid-19.

“Gotong Royong menjadi kata kunci dalam menghadapi rintangan di Kota Bandung pasca pandemi ini, kami harus semakin kompak dan semakin kreatif," ucapnya.

Dalam peresmian Logo HJKB 212 tersebut hadir pula Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bandung, Arief Syaifudin beserta Forkopimda, dan OPD terkait lainnya.

Logo HJKB tahun ini merupakan hasil karya Dani Nugraha yang merupakan warga Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Dia berhasil menyisihkan 257 desain yang masuk sejak pertengahan Juni sampai dengan Juli 2022.

Proses seleksi dilaksanakan secara ketat oleh tiga orang juri, yaitu Galih Sedayu, Dudi Sugandi, dan Hery Dimyati.

Pemenang lomba logo Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 212 mendapat hadiah yang diberikan Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat peluncuran logo HJKB, Jumat (29/7/2022). Logo ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.
Pemenang lomba logo Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 212 mendapat hadiah yang diberikan Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat peluncuran logo HJKB, Jumat (29/7/2022). Logo ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. ini terpilih melalui proses sayembara yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. (ISTIMEWA/IKLAN)

Dani Nugraha menjelaskan, inspirasi logo 212 itu berawal ketika dia melihat-lihat sejumlah logo hari jadi tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengaku sempat melihat HJKB ke 209, serta ada gambar manuk cangkurileung atau kutilang.

"Saya berpikir 212 ini bisa dibentuk untuk menjadi seekor kutilang. Kutilang ini memiliki sifat keramahtamahan sehingga sangat relate banget dengan sifat dan karakter orang Bandung. Bandung yang ramah dan Bandung yang someah," kata Dani.

Adapun kaitan tema manuk cangkurileung mengartikan sifat kegotongroyongan yang menggambarkan sekali HJKB tahun ini, seperti Pemkot Bandung dan masyarakat gotong royong tuntaskan pandemi untuk bisa bangkit bersama dan bisa menghadirkan jati diri Bandung juara.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved