Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan Hadiri Rakor Rencana Pembangunan Polman Bandung di Majalengka

Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan menghadiri rakor rencana pembangunan Polman Bandung di Majalengka

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Menko Marves Luhut Pandjaitan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan, terdapat 170 program infrastruktur strategis yang perlu dibangun. Salah satunya adalah pendirian Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman) 2.

Dikutip dari laman resmi maritim.go.id, pendirian Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman) 2 untuk menunjang konsep link and match industri di Kawasan Rebana.

Terkait hal tersebut, belum lama ini digelar rapat koordinasi langsung yang dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Ayodhia Kalake, didampingi oleh Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Pengembangan Wilayah, Djoko Hartoyo; Kepala Biro Perencanaan, Arif Rahman; serta Kepala Biro Hukum Budi Purwanto.

Sebelumnya pada pertengahan November lalu, Kemenko Marves juga telah mengadakan rapat koordinasi dan kunjungan lapangan ke rencana lokasi pembangunan Kampus Polman II di Majalengka yang direncanakan dibangun di lahan seluas 30 hektar.

Pembangunan Polman akan mulai dilakukan tahun 2023.

Pembangunan Polman menjadi penting karena diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten sebelum dikembangkannya industri.

“Kami semua ingin Polman sebagai institusi pendidikan mampu mencetak SDM yang mumpuni dan dapat memenuhi kualifikasi industri manufaktur yang dikembangkan, tidak hanya  di Kabupaten Majalengka, tetapi juga di level nasional” beber Deputi Ayodhia melalui sambutannya.

“Banyak industri yang masih membutuhkan tenaga dari Polman, tapi sekarang skala kami masih kecil. Kita hanya ada 1.200 lulusan per tahun,” ungkap Muhammad Nurdin selaku Direktur Politeknik Manufaktur Bandung. Setelah sekian lama, akhirnya Polman dapat melebarkan sayap dengan diterbitkannya Perpres 87/2021.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan Arif juga sepakat dengan pernyataan Direktur Polman.

“Sesuai dengan visi Jawa Barat, yaitu juara lahir dan batin,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved