Menkominfo Ajak Warga Kuningan Cakap Digital dan Etika Bermedsos, Ingatkan: Jarimu Harimaumu!

Kemenkominfo gelar literasi digital di Aula SMPN 3 Kuningan pada Selasa (26/7/2022) bertema Etika Berjejaring, Jarimu Harimaumu.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Kemenkominfo gelar literasi digital di Aula SMPN 3 Kuningan pada Selasa (26/7/2022) bertema Etika Berjejaring, Jarimu Harimaumu. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Kemenkominfo gelar literasi digital di Aula SMPN 3 Kuningan pada Selasa (26/7/2022) bertema Etika Berjejaring, Jarimu Harimaumu.

Pada momen literasi digital itu, dihadiri puluhan ribu siswa dan siswi dari berbagai sekolah di Kuningan yang disertai pertunjukan seni dari jenjang SD hingga SMA di bawah naungan Dinas Pendidikan Kuningan.

Ega D’Academy Indosiar juga turut hadir. Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate dalam sambutannya mengatakan bahwa program literasi digital ini untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan media digital.

"Bijaklah dalam bermedia sosial dan harus pintar dalam menyaring berbagai informasi di media sosial. Jarimu harimaumu," kata dia.

Karena literasi digital ini penting dan tidak mudah membalikan telapak tangan, pihaknya akan terus menggelar kegiatan literasi digital pada pelajar.

Baca juga: Sumedang Sabet Tiga Penghargaan pada Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021

“Untuk mendukung percepatan transformasi digital secara nasional, maka kami terus mengadakan berbagai kegiatan yang bersifat membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan media digital," kata Menkominfo Johnny G Plate.

Di tengah derasnya laju informasi di genggaman tangan lewat ponsel, ia mengingatkan para pelajar untuk selalu hati-hati dan waspada karena bablas dalam bermedsos, bisa jadi malapetaka.

Dia menambahkan, dampak pandemi Covid-19 dan kemajuan Industri 4.0 mendorong aktifitas masyarakat bertransformasi dalam berbagai sektor kehidupan termasuk dunia pendidikan.

Baca juga: Pemuda Diduga Maling Motor yang Dimassa di Kuningan Meninggal, Satu Pemuda Lagi Masih Dirawat

“Kementrian Komunikasi dan Informatika juga berupaya menyiapkan SDM bidang digital dalam menyambut pembelajaran secara daring atau dalam jaringan," kata dia.

Webinar literasi digital ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Ono Surono selaku anggota Komisi IV DPR RI yang membahas mengenai etika digital, Kemudian, Muhamad Nurdin Anggota Komisi III DPR RI vmembahas budaya digital.

Lalu ada Bupati Kuningan Acep Purnama membahas mengenai keahlian yang harus dimiliki dalam dunia digital, dan juga Rizky Adi Nugroho, selaku Entrepreneur & Podcaster menyampaikan materi tentang keamanan di dunia digital.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved