Kenalkan Holtikultura, EWINDO Berikan Pelatihan Hidroponik untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

EWINDO memberikan pelatihan hidroponik untuk siswa berkebutuhan khusus dalam rangka hari anak nasional dan mengenalkan holtikultura

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Dalam rangka Hari Anak Nasional, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah" bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) G Yayasan Bhakti Mitra Utama (YBMU) Baleendah Kabupaten Bandung menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Sayuran dan Pengenalan Terhadap Dunia Hortikultura 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Dalam rangka Hari Anak Nasional, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah" bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) G Yayasan Bhakti Mitra Utama (YBMU) Baleendah Kabupaten Bandung menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Sayuran dan Pengenalan Terhadap Dunia Hortikultura.

Melalui pelatihan yang juga dihadiri oleh perwakilan SLB Nurul Iman dan LSB Nita Karya ini diharapkan para siswa mendapatkan wawasan mengenai budidaya sayuran dengan sistem hidroponik dan dapat mengembangkannya sendiri setelah lulus sekolah sehingga dapat mandiri.

“Kegiatan ini adalah salah satu wujud kepedulian EWINDO kepada Disability Community agar dapat mengenal dunia hortikultura dari lingkungan sekolah dan melatih kemandirian serta kewirausahaan siswa-siswi SLB melalui dunia pertanian. Kami percaya siswa-siswa berkebutuhan khusus memiliki semangat dan kemauan kuat merawat tanaman dengan sepenuh hati sehingga mereka mampu menghasilkan sesuatu yang kelak akan berguna bagi persiapan hidup yang mandiri,” tutur Deputy Managing Director EWINDO Afrizal Gindow.

Baca juga: Electrifying Agriculture: Pemanfaatan Lampu UV Terbukti Tingkatkan Produktivitas Tanaman Hidroponik

Melalui kerjasama antara EWINDO dengan SLB G Yayasan Bhakti Mitra Utama (YBMU) Baleendah ini sebanyak 60 siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas akan mendapatkan pelatihan baik teori maupun praktek budidaya tanaman dengan sistem hidroponik yang dilakukan di lahan “Kebun Sayurku” dan “Urban Farming Corner”.

Tidak hanya siswa, guru-guru sekolah juga turut mendapatkan alih pengetahuan mengenai teknik budidaya serta pengemasan sayuran dari EWINDO. Kerjasama EWINDO dengan SLB G YBMU Baleendah telah berlangsung sejak April 2022.

Afrizal Gindow menjelaskan alih pengetahuan ini dimulai dengan mengenalkan budidaya sayuran daun. Para peserta pelatihan akan dikenalkan dengan benih-benih sayuran unggul berkualitas seperti Bayam MAESTRO F1, Kangkung BANGKOK, Pak Choy NAULI F1, dan Bayam Merah MIRA.

Sayuran daun ini adalah tanaman  yang relatif mudah dan sederhana untuk dapat dibudidayakan.

Baca juga: Canggih, Anak Muda di Indramayu Gunakan Teknologi untuk Berkebun Hidroponik, Hasilkan Jutaan Rupiah

Diharapkan pula dengan program ini, siswa memiliki aktivitas yang bermanfaat mengisi waktu, terutama di rumah.

"Dalam jangka panjang siswa mendapatkan bekal untuk masa depan seperti tertarik di bidang pertanian. Hal ini sekaligus untuk menumbuhkan harapan bagi anak-anak dan orang tuanya," kata Afrizal.

Program ini mendapat respons positif dari siswa yang mengikuti pelatihan.

Mereka tekun mengikuti tahap demi tahap pelatihan. Mulai dari menyemai benih sayuran seperti kangkung hingga saat proses panen.

"Saya senang ikut kegiatan ini. Saya jadi tahu proses menanam sayuran," ujar Kiki, salah satu siswa yang sudah seminggu mengikuti pelatihan.

Menurut Kepala Sekolah SLB G YBMU Gaos Haeruman kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh siswa, tetapi juga melibatkan orang tua dan guru.

"Dengan mendapatkan pelatihan ini, siswa dan orang tua bisa melakukan budidaya sayuran hidroponik ini di rumah," imbuh Gaos.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved