Cara Aman Mendirikan Sepeda Motor Ketika Terjatuh

Berkendara menggunakan sepeda motor sebagai pengendara harus memahami teknik dasar berkendara. Meski demikian, pengendara harus waspada terhadap poten

DAM
Cari aman mendirikan sepeda motor ketika terjatuh 

TRIBUNJABAR.ID - Berkendara menggunakan sepeda motor sebagai pengendara harus memahami teknik dasar berkendara.

Meski demikian, pengendara harus waspada terhadap potensi bahaya yang terjadi saat berkendara sepeda motor di jalan raya karena kecelakaan memang hal yang tidak ingin diinginkan.

Dalam setiap perjalanan tentunya akan muncul berbagai macam kemungkinan salah satunya adalah motor terjatuh, baik dalam keadaan saat dikendarai ataupun sedang parkir.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Demmy Firmansyah mengatakan, “Setiap sepeda motor memiliki beban berat yang berbeda-beda, motor yang lebih besar atau motor gede (Moge) tentu memiliki bobot yang jauh lebih berat dari motor lainnya, dalam keadaan terjatuh kita tidak boleh mengangkat motor dengan menggunakan cara yang salah, karena bisa berakibat fatal bagi tubuh kita.”

Hal pertama yang paling mudah untuk mendirikan sepeda motor adalah dengan meminta bantuan kepada orang sekitar sehingga akan mempermudah kita dalam mendirikan motor tersebut. Namun apabila dalam keadaan terdesak dan tidak ada siapa-siapa di sekitar kita, maka kita harus mendirikan motor yang jatuh menggunakan tubuh kita sendiri.

2 Cari aman mendirikan sepeda motor ketika terjatuh
Cari aman mendirikan sepeda motor ketika terjatuh

Apabila motor terjatuh ke sebelah kiri, maka yang harus dilakukan pertama adalah mengecek roda belakang apakah sudah terkunci atau belum, jika belum kita bisa menarik atau menginjak tuas gigi untuk di masukan ke gigi 1 sehingga roda akan terkunci.

Tahap kedua adalah mengangkat motor menggunakan bagian bokong atas yang di sandarkan pada jok motor kemudian tangan kanan memegang stang dan tangan kiri memegang behel motor atau body motor bagian belakang dengan lurus, dan yang bertugas mendorong motor untuk berdiri adalah kaki. Setelah motor berdiri, segera turunkan standar samping motor.

Sementara apabila motor terjatuh ke sebelah kanan, maka pertama-tama kita harus menurunkan standar samping dan untuk tahap selanjutnya pengendara dapat melakukan teknik yang sama ketika motor terjatuh ke sebelah kiri.

Otot yang bekerja penuh ketika membangunkan motor adalah kaki, kita harus memastikan bahwa punggung kita dalam keadaan lurus, karena apabila berada dalam posisi yang salah akan membuat punggung kita sakit atau bahkan bisa berakibat fatal untuk tubuh kita, dan yang paling penting ketika motor terjatuh adalah tetap tenang dan jangan panik agar kita selalu #Cari_Aman saat berkendara.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved