Harga Cengek Domba di Tingkat Petani di Ciamis Turun Rp 10 Ribu/Kg, Petani Mulai Panen Raya

Kawasan atau sentra sayur mayur di Jabar seperti kawasan agropolitan Sukamantri tetapi juga di sejumlah daerah lainnya, seperti di Sukadana.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ravianto
dok asep halim/aaci
Petani cabai di Sumanatri, Ciamis.Dalam minggu ini petani cabai di Ciamis sudah mulai panen, akibatnya harga cabai merah lokal dan harga cabai mulai turun. (Dok. Asep Halim/AACI) 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dalam minggu ini petani cabai di Ciamis sudah mulai panen, akibatnya harga cabai merah lokal dan harga cabai mulai turun.

Kawasan atau sentra sayur mayur di Jabar seperti kawasan agropolitan Sukamantri tetapi juga di sejumlah daerah lainnya, seperti di Sukadana.

“Sebagian di Sukamantri petani sudah mulai panen. Kemarin saya lihat langsung petani cabai mulai panen cabai rawit merah (cengek domba) di Sukadana,” ujar Asep Halim, Ketua Aosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI), yang juga petani cabai di Kawali Ciamis kepada Tribun Minggu (24/7).

Kebun cabai yang sudah panen di Sukadana tersebut menurut Asep, milik H Ikin seluas 1 hektare berlokasi tak jauh dari Sungai Cimuntur.

Semuanya berisi tanaman cabai rawit merah (cengek domba).

“Sudah memasuki panen ke-3,” katanya.

Dalam kondisi normal menurut Asep, kebun cabai yang baru panen akan menjalani masa panen setiap 4 atau 5 hari sekali. Dan dalam satu musim panen, kebun cabai akan mengalami masa panen sekitar 20 kali panen tiap musim atau selama sekitar 3 bulan masa panen.

Menyusul mulainya masa panen tersebut, harga cabai rawit merah (cengek domba) di tingkat petani di Ciamis menurut Asep mulai bergerak turun.

Turun dari Rp 60.000/kg jadi kisaran Rp 50.000-Rp 55.000/kg.

Memasuki akhir Juli ini maupun awal Agustus nanti menurut Asep Halim ada sekitar 50 hektare kebun cabai di Ciamis mulai masa panen. Tersebar di 9 kecamatan; yakni Kecamatan Sukamantri, Panjalu, Panumbangan, Cihaurbeuti, Sindangkasih, Cipaku, Kawali, Lumbung, Sukadana dan Kecamatan Banjaranyar. Ke-50 hektare kebun cabai tersebut berupa tanaman cabai merah lokal tanjung, cabai merah keriting, cabai besar TW, cabai rawit merah (cengek domba) maupun cabai rawit ijo (cengek tahu).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved