Pemilu 2024

Verifikasi Partai Segera Dimulai, Bawaslu Kota Sukabumi Bentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu

Badan Pengawasan Pemilu Kota Sukabumi segera membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu seiring tahapan verifikasi partai peserta pemilu 2024.

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/DIAN HERDIANSYAH
Pertemuan Bawaslu dengan Polres Sukabumi Kota, Rabu (20/7/2022) membahas soal Pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi segera membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

Pembentukan sentra Gakkumdu seiring tahapan verifikasi partai peserta pemilu 2024 yang akan segera dimulai oleh KPU pada 1 Agustus 2024.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih mengatakan, pihaknya hari ini telah lakukan koordinasi dengan kepolisian dan kejaksan terkait dengan persiapan menyiapkan sentra Gakkumdu.

"Tahapan pemilu sudah diluncurkan sejak tanggal 4 Juni 2022 kemarin oleh  KPU dan lebih awal Bawaslu mengadakan apel pengwasan pemilu," ujarnya, kepada Tribunjabar.id, saat ditemui Tribunjabar.id, seusai pertemuan Bawaslu dengan Polres Sukabumi Kota, Rabu (20/7/2022).

"Setelah peluncuran tahapan hari ini otomatis persiapan menuju pemilu ini  harus segela dilakukan terutama dalam pembentukan sentra Gakkumdu," ujar Yasti.

Yasti menjelaskan, sesuai dengan ketentuan pasal 486 UU No.7 tahun 2017 yang mengatur pembentukan Gakkumdu dalam rangka pengawasan dan penanganan tindak pidana pemilu yang dibidangi tiga leading sektor.

Ketiganya adalah Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dengan memperhatikan pasal 11,12, 13, 15 dan 16 Perbawaslu Nomor 31 tahun 2018 dengan permohonan personel Gakkumdu.

Baca juga: Kotak Suara Pemilu 2024 Terbuat dari Kardus, Bawaslu Soroti Kasus di KPU Kabupaten Cirebon 2019

"Ada pun permohonan personilnya ini, sesuai Perbawaslu No.31 tahun 2018 ini, jumlahnya 6 orang dari kepolisian dan 6 personil kejaksaan," ucap Yasti.

Menurut Yasti, permohonan personil dari kepolsian dan kejaksaan ini agar sentra gakkumdu segera terbentuk. 

Mengingat beberapa tahapan utamanya verifikasi partai peserta pemilu 2024 akan oleh KPU akan segera dimulai. 

"Seperti halnya dalam tahapan pemilu ada masalah dalam pendaftaran partai politiknya di KPU. Maka bisa dilaporkan ke Sentra Gakkumdu dan kita akan melakukan penangannya secara bersama-sama," kata Yasti. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved