Pemilu 2024

Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami Sebut Pembentukan Bakorhumas untuk Jamin Keterbukaan Informasi

Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami, menyebut, sudah mulai melaksanakan tahapan Pemilu 2022, antara lain membentuk Bakorhumas.

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Adi Sasono
TRIBUNJABAR.ID
Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami mengatakan, pihaknya sudah menjalankan sebagian tahapan pemilu menjelang Pemilu 2024 antara lain, membentuk Badan Koordinasi Humas (Bakorhumas) untuk menjamin keterbukaan informasi kepada masyarakat. 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Aktivitas di Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kota Sukabumi semakin padat menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, antara lain membentuk Badan Koordinasi Humas atau Bakorhumas.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami, mengatakan, kegiatan tahapan pemilu yang digelar antara lain rapat koodinasi unsur masyarakat dalam membangun keterbukaan informasi publik.

"Badan Koordinasi Humas atau Bakorhumas sesuai dengan amanat dari KPU Pusat No 172 tahun 2022, bahwa KPU di daerah harus menyelaraskan komunikasi antarlini humas, baik pengolahan data, menyampaikan sosialisasi," ujarnya, kepada Tribunjabar.id, saat ditemui di kantornya di Jalan Ottista, Selasa (19/7/2022).

Sri Utami berharap terbentuknya Bakorhumas mendorong penyampain data informasi lintas instansi dengan stakeholder bisa berjalan dengan baik.

"Jadi ini bisa menciptakan satu frekuensi yang solid dan terintegrasi, sehingga keterbukaan informasi publik bisa terpenuhi," tuturnya.

Terkait kesiapan Pemilu, kata Sri Utami, KPU Kota Sukabumi juga sedang bersafari politik menemui partai di Kota Sukabumi.

Sebelumnya pada pemilu serentak 2019, Sri Utami menyebut ada 16 partai yang terlibat pemilu di Kota Sukabumi.

Sementara saat ini, di KPU RI yang terdaftar secara badan hukum ada 38 partai politik ditambah dengan partai Aceh ada 6 yang terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

"Nanti, pada waktunya pendaftaran partai politik akan diverifikasi kelengkapan badan hukumnya dan data-data lainnya. Apakah di Kota Sukabumi ini masuk semuanya atau memang memenuhi syarat atau tidaknya," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya menjelang pendaftaran 1 Agustus 2022 nanti, terus mensosialisasikan syarat kelengkapan pendaftaran calon perserta pemilu.

"Dari kemarin kami terus lakukan sosialisasi mulai masa pendaftaran, pencalonan dan pemungutan suara di 2024 nanti," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved