Pemilu 2024

Jelang Pileg 2024, Partai Golkar di Ciamis Rangkul Mantan Birokrat, Ini Target Realistis Raih Kursi

Menghadapi Pemilihan Legislatif 2024, Partai Golkar di Ciamis akan merangkul dari kalangan mantan birokrat untuk caleg kabupaten hingga pusat

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Salah satu kegiatan Partai Golkar di Ciamis. Menghadapi Pemilihan Legislatif 2024, Partai Golkar di Ciamis akan merangkul dari kalangan mantan birokrat untuk caleg kabupaten hingga pusat. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Menghadapi Pemilihan Legislatif 2024, Partai Golkar di Ciamis akan merangkul sebanyak-banyaknya dari kalangan mantan birokrat (pensiunan pejabat). Tidak hanya agar aktif di Partai Berlambang Beringin tersebut, tetapi juga menjadi caleg.

“Baik menjadi caleg tingkat kabupaten, maupun provinsi dan pusat,” ujar Sekretaris DPD Partai Golkar Ciamis H Baim Setiawan kepada Tribun Senin (18/7).

Menurut Baim, para pensiunan birokrasi saat ini tentunya dulu sebelum reformasi aktif di Golkar melalui jalur B maupun jalur A.

Namun setelah reformasi, ada aturan PNS tidak boleh terlibat politik praktis dan dilarang menjadi anggota parpol.

“Setelah pensiun, para mantan pejabat tersebut tentu bebas menentukan pilihan untuk jadi anggota parpol mana. Makanya kami di Ciamis merangkul sebanyaknya pensiunan birokrasi ,” katanya.

Sekitar 80 persen dari deretan nama yang tercantum dalam Wantim (Dewan Pertimbangan) Partai Golkar di Ciamis menurut Baim adalah pensiunan birokrasi, mantan pejabat  bahkan ada juga mantan bupati.

Selain memprioritas kader internal dan pensiunan birokrasi menurut Baim, Golkar di Ciamis juga akan memberi kesempatan dari kalangan eksternal  yang berpotensi mendongkrak jumlah suara untuk menjadi caleg Golkar.

Baca juga: Pelatihan Young Poitical Leader Golkar Institute 2022, Kader Jabar Raih Peringkat Terbaik

Menghadapi Pileg 2024 menurut Baim, Golkar di Ciamis ingin mencapai target realistis yakni 1 dapil 1 kursi raihan suara untuk DPRD Ciamis. “Kalau dapilnya tetap bertahan 6 dapil, target realistisnya adalah 6 kursi. Tapi bila nanti  ada penambahan dapil jadi 7 dapil, target realistisny adalah 7 kursi. Targetnya tidak muluk-muluk, 1 dapil 1 kursi,” ujar Baim.

Pada Pemilu 2019, Golkar berhasil menempatkan 5 kadernya di DPRD Ciamis.  Dari 6 dapil di Ciamis pada Pemilu 2019 lalu, hanya di Dapil Ciamis 6 (Baregbgeg, Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog, Pamarican) Gokar gagal meraih kursi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved