Banjir Garut

Hari Ini, Rumah Hanyut Akibat Banjir di Garut Diganti Rp 50 Juta, Ratusan Warga Masih Mengungsi

“Uang kerahiman tersebut akan dieksekusi Senin besok (hari ini, Red) supaya cepat,” kata Rudy Gunawan setelah memantau lokasi bencana banjir di Garut

dokumentasi Pemkab Garut
Bupati Garut Rudy Gunawan, meninjau lokasi banjir di Garut di wilayah perkotaan, Sabtu (16/7). 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Pemerintah Daerah Kabupaten Garut akan memberikan uang kerahiman Rp 50 juta kepada kepala keluarga yang rumah mereka hanyut terbawa banjir besar Sungai Cimanuk dan Cipeujeuh, Jumat (15/7) malam.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menjelaskan, selain karena rumah hanyut, warga juga akan diberi uang kerahiman lantaran rumah rusak.

“Uang kerahiman tersebut akan dieksekusi Senin besok (hari ini, Red) supaya cepat,” kata Rudy Gunawan setelah memantau lokasi bencana banjir di Garut, Minggu (17/7/2022).

Ia menyebut banjir yang terjadi pada Jumat (15/7) malam di sejumlah titik di Garut mengakibatkan sembilan rumah hanyut dan puluhan rumah lainnya mengalami kerusakan.

“Rumah-rumah tersebut terdampak luapan air Sungai Cimanuk dan Cipeujeuh. Untuk rumah yang rusak ada 43 unit,” kata Rudy Gunawan.

Rudy mengatakan total rumah yang terdampak banjir mencapai 4.000 unit yang tersebar di 13 kecamatan. Jumlah warga yang mengungsi sementara dan ditempatkan di tempat pengungsian berjumlah 150 orang.

Baca juga: Plh Gubernur Jabar: Banjir di Garut Dampak Pembabatan Hutan dan Pembangunan di Hulu Sungai

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan Pemkab Garut telah menetapkan status masa tanggap darurat bencana selama dua pekan, mulai 16 Juli 2022 hingga 29 Juli 2022.

"Setelah itu ada rehab rekondisi. Makanya tadi untuk pengusulan juga kita pisahkan, untuk tanggap darurat berapa, untuk rehab rekonnya berapa," ucapnya.

Helmi mengatakan Pemkab masih mengumpulkan data detail bangunan terdampak bencana banjir dan longsor, termasuk kebutuhan di masa tanggap darurat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved