PDIP Kabupaten Bandung Targetkan 14 Kursi pada 2024 Agar Leluasa Calonkan Bupati dan Wakil Bupati

PDIP Kabupaten Bandung menargetkan meraih 26 persen suara, atau bisa menambah satu kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2024.

Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
ILUSTRASI Rapat Kerja Nasional PDIP. DIP Kabupaten Bandung menargetkan meraih 26 persen suara, atau bisa menambah satu kursi di setiap daerah pemilihan pada Pemilu 2024, yakni menjadi 14 kursi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung menargetkan meraih 26 persen suara, atau bisa menambah satu kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2024.

Terdapat 7 dapil di Kabupaten Bandung, dan kini PDIP hanya memiliki kursi di DPRD di setiap dapilnya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung, Harjoko, mengaku, pihaknya mendapat amanat dari DPP PDIP, minimum targetnya meraih 26 persen suara yang ada. 

"Kalau meraih 26 persen suara, dan kemarin hanya 11, 12 persen, jadi hampir naik dari setiap dapil, satu kursi. Sementara ini di setiap dapil hanya satu kursi," kata Harjoko, saat dihubungi Tribunjabar.id, Minggu (17/7/2022).

Harjoko menjelaskan, dari 7 kursi jadi 14 kursi, ini belum fix karena masih berupa keinginan.

"Masih keinginan karena untuk sampai jadi target, kami masih merumuskan, meminta pandangan dari setiap dapil, langkahnya seperti apa, dan siapa yang akan dimajukan," kata Harjoko.

Walau memang, kata dia, itu merupakan rekomendasi dari Rakercab, aspirasi dari para pengurus partai di tingkat kecamatan.

"Angka ini, bukan muncul dari kami, tapi aspirasi dari anak cabang di setiap kecamatan," ujar dia.

Harjoko memaparkan, aspirasi tentu dari bawah, aspirasi tersebut diterimanya tahun lalu, kemudian dibawa ke tingkat Jawa Barat, dan dibawa ke tingkat DPP.

"Sudah dilakukan semacam survei di akhir tahun kemarin (2021), terdapat sekitar angka 24 persen (suara), dari situ DPP minta dinaikan menjadi 26 persen," kata dia.

Jadi diungkapkan Harjoko, keinginan tersebut, sudah dihitung, tapi memang awalnya hanya keinginan dua kursi perdapil, lalu belakangan muncul survei. 

"Survei itu, memang memberikan indikasi bahwa kami bisa mencapai kenaikan perolehan suara hingga 24 persen dari 11,12 persen," katanya.

Harjoko memaparkan, jika hal itu terealisasikan, keinginan anak cabang dan DPP untuk mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati sendiri.

"Sehingga bisa mendapatkan keleluasaan, mengusulkan calon di Pilbup," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved