Banjir di Garut

Kabupaten Garut Darurat Bencana Banjir, Bupati Sebut Tak Ada Korban Jiwa

Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, Kabupaten Garut dalam keadaan darurat banjir. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ravianto
Istimewa/ dok BPBD
Aliran Sungai Cimanuk Kabupaten Garut kembali meluap, Jumat (15/7/2022). sementara dilaporkan ada dua kecamatan yang terdampak. 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, Kabupaten Garut dalam keadaan darurat bencana banjir

Ia bersama BPBD, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dibantu oleh TNI-Polri mengaku sudah melakukan evakuasi para korban banjir di Kabupaten Garut

Berdasarkan data dari BPBD, kata dia, sementara ini ada delapan kecamatan di Kabupaten Garut yang terendam banjir di antaranya Kecamatan Cikajang, Bayongbong, Cilawu, Garut Kota, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Karangpawitan dan Kecamatan Cibatu. 

"Alhamdulillah tidak ada korban yang meninggal dunia, tapi tetap kita lakukan langkah-langkah penyelamatan. Tentu saya berharap kita semua waspada karena hujan hari ini masih turun, dan berdasarkan ramalan bahwa hujan akan ada sepanjang hari ini," ujar Rudy, dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022). 

Ia pun mengajak warga yang terdampak banjir bandang untuk segera kembali membersihkan rumahnya.

Pihaknya juga akan memberikan uang kerohiman dalam bentuk cash for work bagi warga yang terdampak banjir di Kabupaten Garut

"Mengerjakan pekerjaan oleh sendiri membersihkan rumahnya masing-masing Rp 500 ribu rupiah per rumah. Dan selanjutnya yang bagi agak berat, ada lumpur dan sebagainya akan diberikan maksimal Rp 1juta per rumah," katanya. 

Rudy juga menginstruksikan kepada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut untuk menyalurkan beras cadangan pemerintah kepada masyarakat masing-masing 4,5 kg untuk satu rumah sebagai emergency dalam rangka memulihkan pangan saat bencana banjir

Terkait air bersih, Ia juga telah meminta Direktur Utama PDAM untuk segera memulihkan saluran air yang sudah keruh diakibatkan oleh banjir. 

Baca juga: DETIK-DETIK Air Sungai Cimanuk Garut Meluap, Ini Daftar Lokasi Banjir di 2 Kecamatan Hingga 2 M

Baca juga: Sungai Cimanuk Mengamuk, Rendam Ratusan Rumah di 8 Kecamatan di Garut, dari Cikajang Sampai Cibatu

"Dan saya minta dinas-dinas teknis bersama dengan TNI Polri nanti membackup untuk melakukan pembersihan evakuasi," ucapnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved