Tempat Wisata di Jabar, Yuk Tengok 4 Spot Wisata Prasejarah yang Menarik dengan Pemandangan Indah

Ada empat lokasi wisata di Jabar dengan jejak peristiwa purba yang bisa dikunjungi tak hanya untuk menikmati pemandangan dan menambah pengetahuan

TRIBUN JABAR/ZELPHI
Sejumlah pengunjung asyik berswafoto di Stone Garden, Citatah, KBB. Ada empat lokasi wisata di Jabar dengan jejak peristiwa purba yang bisa dikunjungi tak hanya untuk menikmati pemandangan dan menambah pengetahuan. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat tidak hanya memiliki kekayaan budaya dan alam yang melimpah.

Kondisi geografis Jawa Barat yang beraneka ragam pun menjadi saksi bisu peristiwa prasejarah di masa lampau.

Kini jejak-jejak peristiwa purba itu memberikan daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata. 

Setidaknya, ada empat lokasi wisata di Jabar yang bisa dikunjungi tidak hanya untuk menikmati pemandangannya, namun juga untuk menambah pengetahuan mengenai kehidupan prasejarah di Jabar. Berikut ulasannya.

1. Gunung Padang Cianjur

Situs Gunung Padang merupakan situs bentuk kebudayaan batu besar atau megalitikum yang disebut-sebut ahli sejarah sebagai situs tertua di dunia, mengalahkan Piramida Giza di Mesir. Lokasinya terletak di Kampung Padang, Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Jaraknya sekitar 30,2 km dari pusat Kota Cianjur via Jalan Raya Sukabumi. Dilansir dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar), situs ini awalnya ditemukan pada 1914 dan terus diteliti hingga saat ini.

Kompleks punden berundak di Gunung Padang terdiri atas lima teras yang tersusun dengan ukuran berbeda-beda. Teras pertama merupakan bangunan terluas, dengan jumlah batuan paling banyak.

Baca juga: Setiap Hari, 500 Wisatawan Kunjungi Cagar Budaya Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur

Semakin ke atas, jumlah batunya pun semakin berkurang. Batu-batu yang jumlahnya sangat banyak tersebut tersebar hampir menutupi seluruh puncak Gunung Padang.

Pengunjung di Cagar Budaya Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Rabu (4/5/2022).  
Pengunjung di Cagar Budaya Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Rabu (4/5/2022).   (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved