Bolos Kerja Selama Dua Tahun, Personel Polres Cirebon Kota Berpangkat Bripda Dipecat

Personel yang dipecat terlihat tidak hadir dan hanya diwakilkan melalui fotonya yang dibawa oleh petugas dari Si Propam Polres Cirebon Kota.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Upacara PTDH Bripda MNR di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Kamis (14/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Personel Polres Cirebon Kota berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) dipecat, Kamis (14/7/2022).

Pemecatan personel itu dilaksanakan dalam Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon.

Upacara tersebut tampak dipimpin langsung oleh Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, dan diikuti oleh puluhan personel Polres Cirebon Kota.

Baca juga: BREAKING NEWS Eks Napi Korupsi AKBP Brotoseno Akhirnya DIPECAT, Ini Perjalanan Kasusnya

Namun, personel yang dipecat terlihat tidak hadir dan hanya diwakilkan melalui fotonya yang dibawa oleh petugas dari Si Propam Polres Cirebon Kota.

Diketahui, personel yang diberhentikan tidak dengan hormat tersebut berinisial MNR dan bertugas di Sium Polres Cirebon Kota.

"Ini merupakan wujud komitmen pimpinan Polri dalam memberikan sanksi kepada personel yang melanggar disiplin dan kode etik kepolisian," ujar M Fahri Siregar saat ditemui seusai kegiatan.

Ia mengakui dalam mengikuti upacara kali ini merasa sedih dan berat, karena harus kehilangan seorang personel Polres Cirebon Kota.

Menurut dia, hal itu pun berimbas tidak hanya kepada institusi, tetapi terhadap Bripda MNR dan keluarganya yang harus kehilangan hak dan kewenangannya sebagai anggota Polri.

Bahkan, upacara PTDH tersebut juga tetap harus dilaksanakan meski tidak dihadiri secara langsung oleh Bripda MNR karena mempertimbangkan berbagai aspek.

Baca juga: Anggota Polisi di Garut Dipecat Tidak Hormat, Pakai Narkoba dan 4 Kali Maling Sepeda Motor

"Kami memastikan, proses PTDH ini sudah melalui serangkaian proses yang panjang dan penuh pertimbangan, tapi tetap berpedoman pada koridor hukum yang berlaku," kata M Fahri Siregar.

Sementara Kasi Propam Polres Cirebon Kota, Iptu Sukirno, menyampaikan, pemecatan Bripda MNR berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Nomor Kep/1145/VII/2022 tanggal 07 Juli 2022.

Pemecatan itu dikarenakan yang bersangkutan melanggar Pasal 14 ayat (1) huruf a PPRI Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri dan/atau Pasal 21 ayat (3) huruf e Perkap Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri.

"Bentuk pelanggarannya karena yang bersangkutan tidak berdinas atau membolos kerja kurang lebih selama dua tahun," ujar Sukirno.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved