Pemprov Jabar Akselerasi Pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan, Kata Dinas Bina Marga

Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan akan melewati sejumlah titik penting di Kabupaten Bandung.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mengakselerasi pembangunan Jalan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan yang diusulkan Bupati Bandung Dadang Supriatna beberapa waktu lalu.

Jalan tol tersebut diharapkan dapat mengakselerasi kemajuan dan pemerataan pembangunan di Jabar bagian selatan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, mengatakan melakukan sejumlah upaya komunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan.

"Kami sedang melakukan komunikasi-komunikasi bagaimana rencana pembangunan jalan tol dari Soreang ke Ciwidey dan Pangalengan itu bisa diakselerasi, yang digagas dari Bupati Bandung," kata Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Rabu (13/7/2022).

Ia mengatakan selain mencoba mengakselerasi pembangunan tol tersebut, Dinas Bina Marga pun tengah mengkaji kemungkinan pembangunan tol lanjutannya dari Pangalengan sampai Cidaun di pantai selatan Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan Dilaunching 18 April 2022, Pembangunannya Akan Telan Rp 6 Triliun

"Kita terus mencoba mengakselerasi, mempercepat proses pembangunan Jalan Tol Soreang-Pangalengan dan ini ditanggapi oleh Pak Gubernur jangan sampai Pangalengan, tapi sampai Cidaun sekalian," katanya.

Dengan adanya jalan tol ini, kata Bambang Tirtoyuliono, persoalan mengenai kawasan selatan Jabar, yang kurang begitu berkembang karena masalah aksesibilitas, dapat diatasi. 

"Dengan diuraikannya persoalan aksesibilitas ini, kita berdoa mudah-mudahan, dan kita optimistis, akan banyak mengundang wisatawan untuk menuju selatan Jabar," katanya.

Jalan tol ini pun, katanya, akan dapat terhubung dengan Padalarang-Cileunyi yang telah beroperasi, Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang masih dikerjakan, bahkan Gedebage-Cilacap yang masuk tahap rancana perjanjian pengusahaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved