Harga Cabai Merah di Pasar Manis Ciamis Melejit Jadi Rp 150 Ribu/Kg, Petani Banyak yang Gagal Panen

Naik tajamnya harga cabai merah lokal tanjung tersebut terutama akibat pasokan menurun tajam (anjlok).

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ravianto
TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
Pedagang di Pasar Manis Camis. harga cabai merah lokal tanjung di Pasar Manis Ciamis berlari kencang. Melesat tajam melebihi harga cabai lainnya. Bahkan, harga cabai di Ciamis Rabu (13/7) sudah menembus angka Rp 150.000/kg. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Setelah Hari Raya Idul Adha 2022, harga cabai merah lokal tanjung di Pasar Manis Ciamis berlari kencang. Melesat tajam melebihi harga cabai lainnya.

Bahkan, harga cabai di Ciamis Rabu (13/7) sudah menembus angka Rp 150.000/kg.

Padahal H-1 Idul Adha, Sabtu (9/7) harga cabai merah lokal tanjung masih Rp 100.000/kg.

‘Tapi setelah Idul Adha naik melejit jadi Rp 150.000/kg,”ujar Henhen, pedagang sayur mayur di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Rabu (13/7).

Naik tajamnya harga cabai merah lokal tanjung tersebut terutama akibat pasokan menurun tajam (anjlok).

“Pasokan dari petani berkurang akibat kebanyakan gagal panen. Harganya di tingkat petani juga sudah naik. Banyak pedagang yang tidak kebagian stok, jadi nggak sampai jualan cabai merah lokal,” katanya.

Saat  anjloknya pasokan, dua hari menjelang Iduladha dan pasca Iduladha ini permintaan cabai terutama cabai merah lokal tanjung naik. Terutama untuk perminaan rumah tangga, dominan untuk bumbu masak daging kurban.

Pasca hari raya Iduladha harga cabai merah lokal tanjung yang sudah menembus angka Rp 150.000/kg tersebut melesat tajam melebih harga cabai rawit merah (cangek domba) yang bertahan di angka Rp 120.000/kg.

Selain harga cengek domba, pasca Iduladha ini haga jenis cabai lainnya yang bertahan atau sama dengan harga sebelum Iduladha  menurut Henhen, yakni cabai merah keriting (tetap Rp 120.000/kg),  cabai besar TW (Rp 80.000/kg), cabai rawit ijo (Rp 100.000/kg).

“Harga bawang merah juga masih stabil mahal, yakni Rp 80.000/kg,” ujar Henhen (andri m dani)  

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved