Aturan Boleh Lepas Masker Bikin Kasus Covid-19 di Bandung Barat Melonjak Lagi, Sebesar Ini Jumlahnya

Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat kembali melonjak setelah pelonggaran aturan dari pemerintah pusat seperti diperbolehkannya lepas masker

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
freepik
Ilustrasi masker. Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali melonjak setelah adanya pelonggaran aturan dari pemerintah pusat seperti diperbolehkannya lepas masker di dalam maupun di luar ruangan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali melonjak setelah adanya pelonggaran aturan dari pemerintah pusat seperti diperbolehkannya lepas masker di dalam maupun di luar ruangan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan KBB, pada awal Mei 2022 kasus Covid-19 hanya terdapat dua kasus.

Namun, pada awal Juli 2022 kasus positif aktif di KBB langsung melonjak hingga 50 orang. 

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan KBB, Nurul Rasyihan, mengatakan, meski kasus Covid-19 terjadi kenaikan, namun angka tersebut dinilai belum terlalu signifikan. 

"Karena antara penambahan kasus dengan jumlah warga sembuh hanya selisih 2-3 orang saja. Jadi, Data kasus warga yang sembuh dengan kasus aktif masih selisih 2," ujar Nurul di kantornya, Rabu (13/7/2022).

Dengan adanya kenaikan tersebut, warga KBB diminta untuk kembali mematuhi pemakaian masker di dalam dan di luar ruangan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Tak hanya memakai masker, warga juga diimbau kembali untuk kembali disiplin protokol kesehatan 5M, yakni menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

"Presiden Jokowi sudah mewajibkan masyarakat kembali pakai masker lagi. Jadi, kita minta warga KBB untuk mematuhi untuk menekan kasus Covid-19, tapi tak hanya masker, pokoknya prokes 5M," kata Nurul.

Nurul menilai pengetatan prokes terhadap masyarakat tersebut akan cukup sulit pasca adanya pelonggaran kegiatan beberapa pekan terakhir.

Karena itu, Dinkes KBB bakal kembali sosialisasi lagi agar masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan.

"Kita harus upaya keras lagi untuk dorong warga pakaian masker, karena mereka sudah terlena oleh pelonggaran kemarin. Ini jadi tantangan sendiri bagi kita," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved