Protes dan Minta Investigasi Laga Thailand vs Vietnam, PSSI Kirim Surat ke AFF

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan aturan AFF tak ada masalah. PSSI melihat pada 27 menit akhir di laga Thailand vs Vietnam ada kejanggalan

TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat ditemui di Batujajar, Minggu (19/6/2022). 

TRIBUNJABAR.ID- PSSI akan mengirimkan surat protes kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) terkait pertandingan Piala AFF U-19 2022 antara Thailand vs Vietnam, di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (6/11/2022). 

Laga antara Thailand vs Vietnam berakhir dengan skor imbang 1-1. Pada waktu yang bersamaan, timnas U-19 Indonesia mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1.

Dua pertandingan tersebut membuat koleksi poin akhir timnas U-19 Indonesia, Vietnam, dan Thailand, identik 11 angka.

Sejatinya, timnas U-19 Indonesia unggul selisih gol atas Vietnam dan Thailand.

Pasukan Shin Tae-yong gagal melaju ke semifinal karena kalah bersaing dari Thailand dan Vietnam di klasemen mini Grup A.

Baca juga: SKAK Mat Ketua PSSI untuk AFF, Jika Vietnam Thailand Dinilai Fair Play, Kami Bisa Seperti Itu Nanti

Di klasemen Grup A, timnas U-19 Indonesia, Vietnam, dan Thailand, akan diadu secara head to head.

Skor pertandingan ketiga tim tersebut ketika menghadapi Brunei, Filipina, dan Brunei Darussalam, tidak dihitung dalam mini klasemen Grup A.

Dengan demikian, kemenangan telak timnas U-19 Indonesia atas Brunei (7-0), Filipina (5-1), dan Myanmar (5-1) tidak lagi berguna.

Adapun kriteria head to head yang dipakai dalam mini klasemen Piala AFF U-19 2022 secara berurutan adalah perolehan poin, selisih gol, dan agresivitas gol.

Hal itu tercantum dalam pasal 12.2.4 regulasi Piala AFF U19 2022 bab sistem kompetisi.

Jika dirinci, seluruh pertandingan yang melibatkan timnas U-19 Indonesia, Vietnam, dan Thailand, di Grup A berakhir imbang.

Baca juga: Tangisan Pemain Timnas U-19 Indonesia Seusai Tersingkir dari Piala AFF, Zanadin Ditenangkan Razzaa

Artinya, koleksi poin timnas U-19 Indonesia, Vietnam, dan Thailand, dalam mini klasemen Grup A identik dua (2) poin.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan aturan AFF tak ada masalah. PSSI melihat pada 27 menit akhir di laga Thailand vs Vietnam ada kejanggalan apalagi ketika kedudukan sudah 1-1.

"Kedua tim hanya mainkan bola di garis belakang dan tak ada niat menyerang. Jika mereka (Thailand dan Vietnam) bermain benar, saya tak masalah."

"Ini justru terlihat main-main yang membuat kami terluka. Itulah sebabnya saya kirim surat protes resmi ke AFF agar mereka lakukan investigasi lewat komite disiplin AFF," kata Mochamad Iriawan lewat laman resmi PSSI, Senin (11/7). 

"Terima kasih kepada semua pemain dan official yang berjuang semaksimal mungkin dan tak kenal lelah. Kami apresiasi suporter yang tak kenal lelah dukung kami. Terima kasih pula ke pemerintah melalui Kemenpora yang terus mendukung PSSI," ujar Mochamad Iriawan. (muhamad nandri prilatama/kompas.com)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved