Anggota Khilafatul Muslimin Kota Cirebon Deklarasi Membubarkan Diri dan Berikrar Setia kepada NKRI

Anggota Khilafatul Muslimin tampak membacakan deklarasi pembubaran diri dan menandatangani ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, saat menandatangani deklarasi pembubaran Khilafatul Muslimin Kota Cirebon dan ikrar setia kepada NKRI di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Selasa (12/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sejumlah anggota Khilafatul Muslimin Kota Cirebon mengikuti deklarasi membubarkan diri dan berikrar setia kepada NKRI, Selasa (12/7/2022).

Deklarasi tersebut dilaksanakan di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, dan dihadiri Forkompimda Kota Cirebon.

Dalam kegiatan itu, mereka tampak membacakan deklarasi pembubaran diri dan menandatangani ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Buka-bukaan Sesepuh Khilafatul Muslimin Sumedang, Penyebab Bergabung hingga Alasan Kembali ke NKRI

Prosesi penandatanganan ikrar tersebut juga disaksikan langsung jajaran Forkompimda Kota Cirebon, Kemenag Kota Cirebon, FKUB, MUI, dan lainnya.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengakui aktivitas Khilafatul Muslimin di Kota Cirebon berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Bahkan, menurut dia, mereka aktif mengadakan kegiatan rutin setiap beberapa bulan sekali, dari mulai taklim, mengumpulkan infak, dan lainnya.

"Tapi, pada hari ini mereka berikrar setia kepada NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika," ujar M Fahri Siregar saat ditemui seusai kegiatan.

Ia memastikan, usai deklarasi kali ini dipastikan tidak ada lagi kegiatan yang dilaksanakan oleh Khilafatul Muslimin Kota Cirebon.

Baca juga: Belasan Anggota Khilafatul Muslimin di Sumedang Ikrar Setia ke NKRI di Hadapan Bupati dan Kapolres

Selain itu, pihaknya juga bakal bekerja sama dengan Kemenag, MUI, FKUB, dan Pemkot Cirebon untuk membina eks anggota Khilafatul Muslimin.

"Kami juga terus memonitor pergerakan kelompok-kelompok tersebut di wilayah hukum Polres Cirebon Kota," kata M Fahri Siregar.

Sementara Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mengaku bersyukur anggota Khilafatul Muslimin Kota Cirebon dapat berikrar setia kepada NKRI cukup menggunakan pendekatan diskusi.

Ia merasa lega tak perlu menggunakan cara lain untuk membuat belasan warga Kota Udang yang sempat bergabung dalam Khilafatul Muslimin berikrar setia kepada NKRI.

"Kami juga berterima kasih kepada jajaran Polres Cirebon Kota yang berhasil mendeteksi dini pergerakan Khilafatul Muslimin, sehingga tidak sampai meluas," ujar Nashrudin Azis.

Baca juga: Pengikut Khilafatul Muslimin di Purwasuka Ucapkan Ikrar Setia kepada NKRI, Jumlah 600 Orang

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved