Hendak Disembelih, Mengamuk Lalu Kabur, Sapi Kurban di Lembang Masuk Selokan Sedalam 1,5 Meter

Sapi kurban itu masuk selokan sedalam 1,5 meter setelah diburu oleh sejumlah panitia kurban dan warga setempat sehingga terjebak dalam selokan.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Hermawan Aksan
Tangkap layar video warga
Seekor sapi yang akan disembelih terjebak di dalam selokan di Kampung Sukamaju, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (10/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Seekor sapi kurban yang akan disembelih di Kampung Sukamaju, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengamuk, lalu kabur hingga akhirnya masuk ke selokan, Minggu (10/7/2022).

Sapi itu masuk ke selokan sedalam 1,5 meter setelah diburu oleh sejumlah panitia kurban dan warga setempat sehingga sapi yang didominasi berwarna hitam itu sempat terjebak di dalam selokan karena sulit untuk dievakuasi.

Panitia kurban dibantu warga berusaha mengangkat sapi dari selokan dengan menggunakan tali tambang.

Setelah sekian lama, sapi tersebut akhirnya bisa dievakuasi dengan selamat atau dalam keadaan hidup.

"Tadi sapinya terjebak di selokan, terus sejumlah warga sudah berusaha menolong tapi sapinya memberontak," ujar warga setempat, Asep Kombes, di lokasi, Minggu (10/7/2022).

Asep mengatakan, kejadian tersebut bermula saat sapi kurban itu akan dipotong, kemudian tali tambang yang digunakan untuk mengikat sapi tiba-tiba lepas hingga akhirnya sapi berhasil kabur.

"Tadi saat mau dipotong, sapinya lepas terus berlari hingga akhirnya terus masuk selokan," katanya.

Setelah sapi diangkat dan hendak dibawa ke masjid, panitia kurban dan warga setempat kesulitan untuk menggotong sapi berbobot ratusan kilogram itu.

Akhirnya, sapi kurban yang merupakan sumbangan dari warga desa setempat ini diputuskan untuk disembelih dengan posisi kepala menghadap selokan dan tubuhnya dibaringkan di jalan.

"Alhamdulillah gak sampai ada apa-apa, tapi kendaraan gak bisa lewat beberapa menit karena tubuh sapi sempat menghalangi jalan setelah dievakuasi warga," ucap Asep.

Setelah dipastikan mati, tubuh sapi ini langsung dibawa dengan menggunakan kendaraan bak terbuka untuk dikuliti dan dipotong menjadi beberapa bagian di Masjid Baiturrohmat. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved