Anak Buah Jenderal Andika Perkasa di Kuningan Aktifkan Lahan Tidur, Warga Kini Punya Akses Jalan

Sekitar seratus hektare lahan tidur di perbatasan Kecamatan Kadugede-Ciniru berubah menjadi lahan produktif. Masyarakat pun kini memiliki akses jalan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/AHMAD RIPAI
Bupati Kuningan Acep Purnama (baju putih) bersama Dandim Letkol CZI David Nainggolan dan Kapolres AKBP Dhany Aryanda meninjau wilayah perbatasan Kecamatan Kadugede-Ciniru yang kini berubah menjadi lahan produktif dengan akses jalan yang memadai. 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR, KUNINGAN - Sekitar seratus hektare lahan tidur di wilayah perbatasan Kecamatan Kadugede - Ciniru kini berubah menjadi lahan produktif.

Masyarakat pun kini memiliki akses jalan yang memadai ke tempat tinggalnya.

Perubahan lahan itu dilakukan oleh Dandim/0615 Kuningan Letkol CZI David Nainggolan sebagai upaya pemulihan ekonomi kerakyatan di daerah, yang sempat terdampak akibat Pandemi Covid-19.

"Perubahan status lahan tidur menjadi produktif, kami lakukan sebagai tindak lanjut dari pada perintah Pangdam /III Siliwangi dan KSAD dalam pemulihan ekonomi kerakyatan," kata Dandim Letkol CZI David Nainggolan saat memberikan keterangan kepada awak media di Kuningan, Minggu (10/7/2022).

Bentuk perubahan lahan non produktif, kata Dandim Letkol CZI David Nainggolan, ini dilakukan pada pembuatan lahan berbasis argowisata dan pembuatan jalan yang menghubungkan beberapa desa di kecamatan tersebut.

"Terlepas perintah pimpinan dalam pemulihan ekonomi kerakyatan, ini sebagai upaya mewujudkan impian dan harapan masyarakat. Terutama untuk warga Desa Sindangjawa, Kecamatan Kadugede yang memiliki akses jalan baru daerah setempat," ujarnya.

Mengenai perubahan status lahan untuk agrowisata itu ada seluas 30 hektar dan memiliki akses jalan yang menghubungkan 4 desa.

Seperti jalan terusan Desa Sindangjawa, Desa Longkewang, Desa Nangka dan Desa Ciketak.

"Selain melakukan perubahan bentuk pemulihan ekonomi kerakyatan pada sektor tersebut, kami juga membuka akses untuk pariwisata dan gastrack tingkat nasional. Dan jalur olahraga bermotor ini telah bersiap menghadapi kegiatan pada 14 Agustus 2022," ujarnya.

Ditempat sama, Oom, Kepala Desa Sindangjawa, Kecamatan Kadugede, mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap perubahan lahan tidur hingga menjadi lahan produktif yang digagas oleh TNI.

"Terima kasih Pak Dandim, kami sangat senang dengan kerjasama hingga bisa memulihkan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan perubahan lahan. Jujur, dulunya hanya jalan setapak dan hanya warga tertentu saja," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved