Muhammadiyah Dorong Ada Kalender Islam Internasional Bersama, Jadwal Hari Besar Disepakati Bersama

Kalender Islam Internasional itu diharapkan dapat menjadi acuan umat Islam dalam menentukan hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
Jemaah Muhammadiyah melaksanakan Salat Id di Gedung Dakwah Muhammadiyah Majalengka, Sabtu (9/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menginginkan adanya kalender Islam Internasional yang disepakati bersama.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Muhammadiyah Jawa Barat, Jamjam Erawan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (9/7/2022).

Kalender Islam Internasional itu, kata dia, diharapkan dapat menjadi acuan umat Islam dalam menentukan hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca juga: Laksanakan Salat Iduladha Hari Ini, Pimpinan Muhammadiyah Jabar Sebut Tempat Bertambah Tahun Ini

"Pimpinan pusat Muhammadiyah mengharapkan ke depan ada yang disebut kalender Islam bersama Internasional, sehingga itu bisa disepakati bersama, tinggal ada kesepakatan apakah nanti titiknya di Makkah atau di mana atau bagaimana yang jelas kita sedang mengikhtiarkan supaya kita kompak," ujar Jamjam.

Saat ini, kata dia, masih ada perbedaan antara Pemerintah dengan Organisasi keagamaan dalam menetukan hari penting dalam Islam.

"Kasian kepada umat, mereka tidak tahu kan, kata pemerintah ikut, kata Muhammadiyah ikut, kata NU ikut, kata Persis juga ikut, nanti ke depan nanti ada satu penanggalan bersama untuk kita buatkan menjadi sebuah penanggalan Islam internasional," katanya.

Muhammadiyah sendiri, memutuskan melaksanakan salat Idul Adha pada 10 Zulhijjah 1443 Hijriah atau Sabtu 9 Juli 2022, hari ini.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Baca juga: Jemaah Muhammadiyah di Majalengka Rayakan Iduladha, Antusias setelah 2 Tahun Terhalang Pandemi

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved