Kembangkan Produk yang Laku di Pasaran, Emak-Emak di Bandung Dilatih Membuat Kerupuk Cakalang

Sejumlah emak-emak pelaku UMKM di Kota Bandung diberikan pelatihan membuat kerupuk ikan cakalang yang bertujuan agar pelaku usaha melakulan inovasi

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/NAZMI ABDURRAHMAN
Sejumlah emak-emak pelaku UMKM di Kota Bandung diberikan pelatihan membuat kerupuk cakalang sebagai salah satu inovasi produk kerupuk agar makin laku di pasaran.  

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Nazmi Abdurrahman 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah emak-emak pelaku UMKM di Kota Bandung diberikan pelatihan membuat kerupuk dari ikan cakalang. 

Pelatihan diberikan agar para pelaku usaha dapat melakulan inovasi dan variasi dalam menjual produknya. 

Pelatihan yang digelar di Saung Eling, Kota Bogor itu diberikan oleh relawan Sahabat Sandiuno Bogor. 

Ketua UKM emak-emak sahabat Sandiuno Bogor, Epoy mengatakan, peserta dapat memanfaatkan ilmu yang telah diajarkan untuk meningkatkan usahanya. 

Apalagi, kata dia, produk kerupuk merupakan bahan pokok yang sangat laku di pasaran. 

"Setelah pelatihan ini masyarakat tetap memanfaatkan jangan disia-siakan ilmunya, harus dikembangkan, karena kerupuk ini menjadi bahan pokok makanan sehari-hari," ujar Epoy, Jumat (8/7/2022). 

Pelatihan yang diberikan para relawan ini, kata dia, mengacu pada program Menteri Pariwisata dan Kkonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

"Ini kita pelajari dari program Pak Sandi. Beliau contoh suri tauladan yang baik. Kita tidak peduli kalau bicara masalah siapa yang akan mencalonkan (Presiden), yang penting adalah bukti nyata. Beliau sudah memberikan dampak baik buat kami, terbukti dengan program pertumbuhan ekonomi, hingga penciptaan lapangan pekerjaan, itu semua berkembang jadi tidak hanya bicara," katanya. 

Baca juga: Dukung Ekonomi Mandiri, Emak-emak di Karawang Dilatih Buat Beragam Kuliner

Salah satu pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan, Siti Nurfazriah mengaku senang dengan bantuan yang diberikan berupa pelatihan tersebut. 

Ia merasa, potensi masyarakat dalam memproduksi kerupuk dapat berkembang dengan adanya bantuan pelatihan tersebut. 

"Banyak emak-emak di kampung kita ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan terutama dalam pelatihan kerupuk ikan cakalang. Semoga 2024 Pak Sandi jadi presiden, karena memang program yang beliau jalankan itu nyata dan bisa membangkitkan UMKM di Indonesia," ujar Siti. 

Kegiatan pelatihan ini bakal terus berlanjut dan mendapatkan pendampingan mulai dari pelatihan, packaging, hingga akses market yang telah disiapkan. (*)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved