DKPPP Kota Cirebon Keliling Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Tempat Penjualan

Para petugas tampak mengecek kambing dan sapi, khususnya bagian mulut serta kukunya untuk memastikan hewan kurban itu mengalami gejala penyakit mulut

Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas DKPPP Kota Cirebon saat memasang label sehat ke hewan ternak yang telah diperiksa kesehatannya di tempat penjualan di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (7/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon mendatangi tempat penjualan hewan kurban, Kamis (7/7/2022).

Mereka berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di lapak-lapak tersebut.

Para petugas tampak mengecek kambing dan sapi, khususnya bagian mulut serta kukunya untuk memastikan hewan kurban itu mengalami gejala penyakit mulut dan kuku (PMK) atau tidak. 

Selain itu, petugas juga terlihat memasang label berbentuk lingkaran berwarna biru yang bertuliskan "Sehat" di tanduk atau telinga hewan kurban tersebut.

Kepala DKPPP Kota Cirebon, Yati Rohayati, mengatakan, pemeriksaan tersebut untuk memastikan hewan kurban yang dijual memenuhi syarat.

"Kami mengecek dari mulai usia hingga kesehatan hewan kurban tersebut memenuhi syarat atau tidak," kata Yati Rohayati saat ditemui seusai kegiatan.

Baca juga: Bacaan Doa-doa saat Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban agar Diampunkan Dosa, Beserta Artinya

Ia mengatakan, pengecekan hewan kurban itu dilaksanakan sejak pekan lalu, tepat saat para penjual membuka lapak di wilayah Kota Cirebon.

DKPPP membatasi dalam sehari hanya mendatangi satu tempat penjualan karena manusia berpotensi menjadi carrier virus PMK ke hewan kurban.

Bahkan, para petugas juga harus mengenakan pakaian khusus dan disterilisasi menggunakan cairan disinfektan saat memasuki tempat penjualan hewan kurban.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved