Kebakaran di Ciamis

Sebuah Rumah di Lakbok Ciamis Hangus Dilalap Si Jago Merah, Korban Rugi Puluhan Juta Rupiah

Kebakaran ini terjadi pada Rabu (6/7/2022) siang. Korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Istimewa/Dok UPTD Damkar Satpol PP Ciamis
Rumah permanen yang dihuni Kusworo (52) di Dusun Kedawung, Desa Sidaharja, Lakbok, Ciamis dilalap si jago merah, Rabu (6/7/2022) sekitar pukul 13.00 siang. Api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik (korsleting). 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Rumah permanen yang dihuni Kusworo (52) sekelurga di Dusun Kedawung, RT 10/02, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Ciamis dilalap si jago merah Rabu (6/7/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

Menurut petugas UPTD Damkar Satpol PP Ciamis, Ali Sadikin, amuk api yang membakar rumah Kusworo tersebut pertama kali diketahui oleh tetangga korban, Sumarni (43).

“Tetangga korban tersebut sedang tidur-tiduran siang di rumah. Tiba-tiba mendengar suara berderak-derak seperti ada sesuatu yang terbakar,” ujar Ali Sadikin kepada Tribun.

Sewaktu Sumarni keluar rumah, dilihatnya api sudah berkobar di atas atap korban.

Dengan cepat, Sumarni melapor dan menginformasikan kejadian tersebut ke Pos Damkar WMK Banjarsari sehingga petugas dan mobil damkar dari Pos WMK Banjarsari langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Korban yang sedang istirahat di kamar berhasil menyelamatkan diri.

Petugas damkar bersama warga, petugas babinsa, babinmas, perangkat desa, linmas relawan dari Tagana dan Rapi yang datang ke lokasi berhasil memadamkan kobaran api.

Sekitar pukul 14.30 Rabu siang tersebut mobil damkar sudah meninggalkan lokasi setelah kondisi dinyatakan aman dan kembali ke pos WMK Banjarsari.

“Asal api diduga akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting),” katanya.

Menurut Baehaki Efendi dan Mumu Wahyudin, anggota FK Tagana Ciamis, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian tersebut. Pemilik rumah Kusworo sekeluarga selamat.

“Kerugian materi sekitar Rp 50 juta,” ujar Baehaki.

Menyusul terbakarnya rumah permanen ukuran 8 x 6 meter persegi tersebut, menurut Mumu, Kusworo bersama keluarga terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya di dusun yang sama.

Baca juga: Baru Saja Terjadi, Kebakaran Hanguskan Tiga Rumah di Jampangkulon Sukabumi, Ini Dugaan Penyebabnya

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved