Keturunan Si Abah Turun dari Gunung Sawal Ciamis, Mangsa Hewan Ternak Milik Warga

Dua kali macan tutul turun dari Gunung Sawal dan memangsa ternak milik warga.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Dok BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis
Untuk menghindari terjadinya pemangsaan oleh macan tutul penghuni hutan Gunung Sawal, kandang domba milik warga di Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kawali, Rabu (6/7/2022) akan dipasang kawat berduri. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Konflik antara macan tutul (Phantera pardus) penghuni hutan Gunung Sawal dengan warga dalam dua minggu ini kembali terjadi.

Lokasinya sudah seperti menjadi langganan yakni Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung serta Desa Talagasari, Kecamatan Sawal.

Sebanyak 7 ekor ayam kampung dan 3 ekor ayam kalkun ditemukan mati dimangsa.

“Dalam dua minggu ini ada dua kali kejadian (konflik macan tutul dengan warga),” ujar Dede Nurhidayat S.Hut, fungsional konservasi pada Bidang BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis kepada Tribun, Selasa (5/7/2022).

Diduga seekor macan tutul dari Gunung Sawal Kamis (23/6/2022) dinihari memangsa 7 ekor ayam di kandang milik Dani di Dusun Cikupa, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung. Empat ekor ditemukan sisa sudah dimakan sedangkan 3 ekor lagi ditemukan utuh tapi sudah mati dengan bekas gigitan di tubuh.

Selain itu ditemukan juga bekas jejak macan tutul di sekitar kandang berikut kotoran macan tutul.

Upaya yang sudah dilakukan adalah sosialisasi kepada masyarakat dan melakukan penghalauan dengan bunyi-bunyian berupa petasan dan kentongan agar macan tutulnya kembali ke hutan.

Kemudian Selasa (28/6/2022) sekitar pukul 04.00 subuh, 3 ekor ayam kalkun di kandang milik Muhidin di Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kawali ditemukan mati.

Satu ekor ayam kalkun ditemukan sudah terkoyak-koyak sisa dimangsa dan 2 ekor lagi bangkai masih utuh dengan bekas gigitan.

Di sekitar kandang di temukan banyak bulu ayam kalkun berserakan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved