Jejak Donasi ACT di Bandung Barat, Luncurkan Humanity Rice Truck Saat Lahan Pertanian Kekeringan

Direktur Program ACT, Wahyu Novian, mengatakan Desa Sindangkerta menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang dikunjungi tim ACT

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) saat meluncurkan Humanity Rice Truck (HRT) di Kampung Gunung Sanggar, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, KBB pada 21 November 2019.  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sedang ramai menjadi perbincangan masyarakat karena diduga menyelewengkan dana donasi.

Terlepas dari ini, ACT pernah menyalurkan bantuan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

ACT meluncurkan Humanity Rice Truck (HRT) untuk mendistribusikan beras ke masyarakat di Kampung Gunung Sanggar, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, KBB ,pada 21 November 2019. 

Ketika itu, ACT dipimpin oleh Ahyudin sebagai Ketua Dewan Pembina.

Sektor pertanian di Desa Sindangkerta ketika mengalami kekeringan hingga gagal panen selama musim kemarau sehingga banyak warga yang beralih pekerjaan menjadi penambang batu di Gunung Sanggar.

Direktur Program ACT, Wahyu Novian, mengatakan Desa Sindangkerta menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang dikunjungi tim ACT, sekaligus daerah pertama peluncuran armada terbaru ACT yang mengusung slogan "Indonesia Dermawan."

"ACT sangat konsen menanggulangi persoalan pangan seperti yang dialami masyarakat di Sindangkerta," ujar Wahyu dalam sambutannya pada kegiatan peluncuran Humanity Rice Truck (HRT) saat itu.

Baca juga: Gaji Rp 250 Juta Diakui Presiden ACT, Sekarang Tak Lebih dari Rp 100 Juta karena Jumlah Donasi Turun

Selain di Kampung Gunung Sanggar, ACT juga mendistribusikan beras di kampung yang ada di Desa Muara Ramai, Desa Pesinggirang, Desa Pesinghilir, dan Desa Tarajamukti.

"Jadi ada lima desa di Kecamatan Sindangkerta ini yang akan kita beri bantuan beras. Disini ada 5 kampung yang sawahnya kering kerontang," katanya.

Wahyu mengatakan, setelah ACT menggelar kunjungan ke masyarakat di Sindangkerta, dalam waktu dekat ini jyga tim ACT akan berkunjung ke daerah lainnya di Jawa Barat.

"Sindangkerta menjadi kawasan yang pertama kami kunjungi sebelum mendatangi Garut, Tasik, Cirebon, serta daerah lainnya," katanya.

Dalam kegiatan ini, tim ACT tidak hanya membawa armada terbaru Humanity Rice Truck (HRT) yang berkapasitas 10 ton beras, tapi membawa Humanity Water Truck berkapasitas 20 ribu liter air, Free Hospital Ambulance, serta Food Truck yang membagikan makanan gratis untuk masyarakat. 

 

 

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved