Syaratnya Punya Modal Sosial, PSI Bandung Seleksi Bakal Calon Legislatif, dari Berbagai Latar

DPD PSI Kota Bandung menggelar seleksi bakal calon legislatif (bacaleg). Mereka diproyeksikan untuk bertarung menjadi anggota DPRD Bandung.

Penulis: Tiah SM | Editor: Giri
Tribun Jabar/Tiah SM
Gina Mardiana saat menyampaikan visi dan misi ketika mengikuti seleksi bakal calon legislatif PSI Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bandung menggelar seleksi bakal calon legislatif (bacaleg). Mereka diproyeksikan untuk bertarung menjadi anggota DPRD Kota Bandung.

Seleksi itu dilaksanakan secara terbuka di Kantor DPD PSI Jalan Mohammad Ramdan Nomor 5 Bandung, Sabtu (2/7/2022).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Kota Bandung, M Mestro Sebayang, mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk konsistensi PSI dalam membangun budaya politik yang terbuka dan tanpa mahar politik. Hal yang sama dilakukan ketika mempersiapkan caleg di Pemilu 2019.

Mestro mengatakan, dalam seleksi, peserta diberikan kesempatan untuk memaparkan apa yang menjadi visi misi dan perubahan apa yang ingin dilakukan jika menjadi anggota legislatif. 

Kemudian gagasan tersebut akan digali lebih dalam oleh tiga panelis. Dua di antaranya panelis itu merukan pihak independen yang merupakan akademisi, aktivis, dan tokoh lainnya. 

"Gelombang pertama diikuti 30 peserta dari beragam profesi, mulai dari karyawan, pengusaha, seniman, hingga ibu rumah tangga. Ia menegaskan bahwa politik terbuka bagi semua latar belakang," ujarnya.

Mestro menambahkan bahwa seleksi terbuka hari merupakan seleksi gelombang pertama.

Baca juga: Bikin Video Pelat Motor Ditutup Celana Dalam, Empat Perempuan di Lamongan Jadi Duta ELTE

PSI masih membuka kesempatan bilamana ada publik yang ingin mendaftar sebagai bakal caleg dari PSI.

"Seleksi gelombang kedua akan berlangsung Agustus hingga November. Bagi yang berminat bisa menghubungi DPD PSI baik secara langsung maupun melalui sosial media.

Target bacaleg PSI Kota Bandung tak terbatas sehingga semua memiliki kesempatan untuk daftar. Nantinya seluruh pendaftar akan diseleksi secara terbuka dan dikerucutkan menjadi 50 nama yang akan masuk dalam surat suara dalam pemilu legislatif DPRD 2024.

Mestro Sebayang mengatakan, syarat menjadi bacaleg yakni jujur, tidak korupsi, dan memiliki modal sosial.

"Modal sosial minimal punya massa, aktif di masyarakat dan memiliki integritas," ujar Mestro. 

Sebanyak 30 bacaleg orang dari kader PSI, termasuk tiga orang anggota DPRD Kota Bandung yang masih aktif yang ikut seleksi wajib menyampaikan visi misi serta diberi pertanyaan oleh panelis. 

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved