Dengan Daya Listrik Sesuai Kebutuhan, Bebas “Trip” dan Hidup Lebih Nyaman

Ketidakseimbangan yang dimaksud adalah ketidaksesuaian antara sumber daya listrik yang tersedia dengan beban listrik yang beroperasi. Sebagai contoh,

Dengan Daya Listrik Sesuai Kebutuhan, Bebas “Trip” dan Hidup Lebih Nyaman 

TRIBUNJABAR.ID, Pernah gak sih pas kita menghidupkan peralatan listrik secara bersama-sama terus ‘trip’ atau ngejegleg?

Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan yang mengakibatkan sering terputusnya aliran listrik atau dikenal dengan istilah “sekring meteran turun."

Ketidakseimbangan yang dimaksud adalah ketidaksesuaian antara sumber daya listrik yang tersedia dengan beban listrik yang beroperasi. Sebagai contoh, jika sumber listrik yang tersedia adalah daya 900 VA, maka listrik yang beroperasi seharusnya tidak melebihi daya 900 VA tersebut.

Untuk mengetahui apakah daya listrik sudah memadai, kita harus menghitung berapa jumlah pemakaian listrik saat dinyalakan bersama-sama. Misalnya, daftar peralatan listrik yang menyala pada pukul 18.00 yaitu 2 unit AC (1200 watt), 3 unit TV (180 watt), 10 lampu (200 watt), 1 unit rice cooker (300 watt), 1 unit kulkas (150 watt), 1 unit dispenser (350 watt), dan 1 unit water heater (150 watt) sehingga jumlah pemakaian bersamaan sebesar 2530 watt. Disisi lain, dengan daya yang terpasang sebesar 2200 VA sudah bisa dipastikan kalau beban peralatan yang digunakan melebihi maksimal daya yang tersedia sehingga terjadi “trip”.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan karena kita harus selalu menghitung-hitung daya saat ingin menyalakan peralatan listrik apalagi apabila anggota keluarga atau kebutuhan peralatan elektronik terus bertambah.

Agar nyaman menggunakan listrik dengan pemakaian elektronik diatas, salah satu solusinya adalah dengan tambah daya menjadi 3500 VA.

"Daya sebesar ini biasanya digunakan untuk masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke atas dan sudah hidup dengan gaya modern saat ini. Kami di PLN akan terus memastikan pasokan yang andal untuk pelanggan," ujar Iwan Ridwan, Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Jabar.

Untuk tambah daya, pelanggan dapat mengajukannya lewat aplikasi PLN Mobile yang telah terinstal di smartphone pelanggan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved