Tersembunyi, Ladang Ganja di Cianjur Ternyata Bisa Diakses dari Jalur Wisata Situs Gunung Padang

awalnya ladang ganja itu ditemukan oleh para pemburu dan pencari lebah yang melintas di kawasan hutan lindung tersebut.

Tangkapan Layar Video Amatir Warga  
Ladang ganja di gunung kawasan hutan lindung di Kampung Pasir Leneng, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Selasa (28/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Penemuan ladang ganja di Kampung Pasir Leneng, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, ternyata berlokasi di gunung kawasan hutan lindung.

Kawasan ini bisa diakses dari jalur wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang. Akses lain dari kawasan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Cimenteng, Abdul Haris Suryadi, mengatakan awalnya ladang ganja itu ditemukan oleh para pemburu dan pencari lebah yang melintas di kawasan hutan lindung tersebut.

"Babinmas dan Babinsa melaporkan kepada kami, lalu hari ini kami bersama-sama mengecek ke lokasi dan mengamankan area," ujar Abdul Haris di lokasi, Selasa (28/6/2022) siang.

Abdul Haris mengatakan ladang ganja tidak satu tempat melainkan di beberapa titik dan disamarkan oleh tanaman lainnya.

Lokasinya di kebun hutan, jaraknya cukup berjauhan sekitar 100 meter antara satu titik dengan titik lain. Satu titik bisa mencapai 10 sampai dua puluh tanaman ganja.

Baca juga: Polres Cianjur Amankan 300 Tanaman Ganja, Polisi Sebut Pohon Ini Tumbuh Subur di Pelosok Cianjur

Ia mengatakan, sejak Minggu (26/6/2022), warga Kampung Pasir Leneng RT03/04, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, sudah ramai membicarakan penemuan ladang ganja yang diduga berisi ratusan tanaman ganja.

Haris mengatakan ladang ganja tersebut diduga berisi lebih dari seratus pohon ganja. Semula, ia memprediksi ladang ganja tersebut hanya berisi puluhan tanaman ganja.

Ia mengatakan, lokasinya di atas perbukitan dan tersembunyi jauh dari permukiman warga. Jarak tempuh yang harus dilewati untuk sampai di lokasi tersebut harus berjalan kaki dua jam dari kampung.

"Ditemukan oleh warga kemarin siang, saat ini polisi sudah berdatangan, kabarnya tidak lagi puluhan, tapi sudah sampai ratusan dan terus dihitung dan dicari lagi," ujarnya.

Haris mengatakan, ia langsung melaporkan penemuan ladang ganja tersebut ke Mapolsek Campaka.

"Polisi langsung ke lokasi dan terus menyisir tanaman ganja ini sambil menghitungnya," ujar Haris.

Ia mengatakan temuan tersebut berasal dari warga yang melintas dan mencurigai bahwa tanaman tersebut adalah pohon ganja sehingga dilaporkan langsung ke Polsek Gegerbitung.

Baca juga: Berawal dari Laporan Pemburu, Ladang Ganja di Cianjur Ditanam Secara Tumpang Sari Untuk Menyamarkan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved