Buntut Kecelakaan Bus di Tasikmalaya dan Purwakarta, Kelaikan Bus di Cimahi Turut Diperiksa

Sekarang kan sedang musim libur sekolah, jadi penggunaan bus pariwisata itu ada peningkatan.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Ramp check di Jalan Gedong Opat, Kota Cimahi, Selasa (28/6/2022), sebagai antisipasi kecelakaan bus akibat ketaklayakan kendaraan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Cimahi dan Kepolisian melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan bus menyusul terjadinya kecelakaan bus di Tasikmalaya dan Purwakarta.

Sebelumnya, kecelakaan bus yang mengangkut rombongan pelajar di Tasikmalaya adalah bus masuk jurang, sedangkan kecelakaan bus di ruas Jalan Tol Cipularang KM 92, Purwakarta melibatkan 17 kendaraan.

Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan, ramp check bus umum dan bus pariwisata itu untuk meminimalisasi kecelakaan yang disebabkan oleh tidak laiknya kondisi kendaraan.

"Ini (ramp check) juga ekses dari lakalantas di KM 92 (Purwakarta) kemarin oleh PO bus Laju Prima," ujarnya saat ditemui disela melakukan ramp check di Jalan Gedong Opat, Kota Cimahi, Selasa (28/6/2022).

Pemeriksaan bus tersebut, meliputi pengecekan lampu, klakson, rem, dan nomor rangka kendaraan. 

"Temuannya itu APAR sudah kedaluarsa dan kami minta supaya diganti. Kemudian alat pemecah kaca, minimal tiga di satu unit bus, di situ hanya ada satu," kata Ranto. 

Baca juga: Bus Pariwisata yang Masuk Jurang di Tasikmalaya Ternyata Laik Jalan, Polisi: Faktor Human Error

Selain untuk mencegah terjadi kecelakaan, kata Ranto, ramp check tersebut dilakukan karena mobilitas bus khususnya pariwisata meningkat secara signifikan mengingat sedang dalam momen libur panjang sekolah. 

"Sekarang kan sedang musim libur sekolah, jadi penggunaan bus pariwisata itu ada peningkatan. Ini salah satu bentuk antisipasi agar meminimalisir potensi kecelakaan," ucapnya.

Setelah melakukan pemeriksaan bus di Jalan Gedong Opat, petugas juga langsung bergerak untuk memeriksa bus yang ada di PO bus di Jalan HMS Mintaredja, Baros, Kota Cimahi

"Kemudian di pool bus KPM, kami periksa juga unit bus umum dan pariwisatanya. Dari sisi teknis semua aman dan normal dengan arti semuanya laik jalan," ujar Ranto.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved