Cegah Penularan PMK, Domba Merino dan Kambing Ceko di Lembang Park and Zoo Disuntik Vaksin

Delapan ekor domba merino dan seekor kambing ceko yang ada di objek wisata Lembang Park and Zoo disuntik vaksin.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Domba merino di Lembang Park and Zoo saat disuntik vaksin oleh dokter hewan dari Dispernakan Bandung Barat untuk mencegah terpapar penyakit mulut dan kuku, Senin (27/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Delapan ekor domba merino dan seekor kambing ceko yang ada di objek wisata Lembang Park and Zoo, Kabupaten Bandung Barat (KBB), disuntik vaksin, Senin (27/6/2022).

Vaksinasi terhadap hewan berkuku genap itu dilakukan untuk mencegah terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini sudah menyerang ribuan hewan ternak di Bandung Barat, terutama sapi potong dan sapi perah.

Dokter hewan Lembang Park and Zoo, Luki Aldin Marzuki, mengatakan, dalam vaksinasi tersebut ada 29 ekor satwa berkuku genap yang menjadi sasaran vaksinasi karena rentan terpapar PMK.

"Kita fokuskan ke satwa rentan yang pasti diperlukan vaksinasi seperti domba dan kambing. Untuk sekarang baru delapan ekor domba merino dan satu ekor kambing ceko," ujar Luki saat ditemui di Lembang Park and Zoo, Senin (27/6/2022).

Dia mengatakan, hingga saat ini semua satwa yang ada di Lembang Park and Zoo masih tetap sehat. Namun, vaksinasi tetap dilakukan untuk mencegah terpapar PMK.

"Jadi, untuk total ada 29 ekor yang akan divaksinasi, tapi sekarang baru sembilan yang sudah divaksinasi," kata Luki.

Baca juga: KRONOLOGI Mobil Pengangkut Uang Nyemplung di Sungai Irigasi di Karawang

Dokter hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Bandung Barat, Suhendra, mengatakan, vaksinasi terhadap satwa di objek wisata juga wajib dilakukan sebagai antisipasi penularan PMK.

"Kami ditugasi dari dinas untuk memvaksinasi domba dan kambing yang ada di objek wisata Lembang Park and Zoo sesuai dengan permintaan dari obwis ini," ucapnya.

Suhendra mengatakan, semua satwa berkuku genap di Lembang Park and Zoo dalam keadaan sehat sehingga bisa divaksinasi PMK. 

Baca juga: Rentan Terkena PMK, Gajah Hingga Kijang di Lembang Park and Zoo Bakal Disuntik Vaksin

"Semua hewan berkuku genap termasuk yang ada di objek wisata itu wajib divaksinasi, tapi hanya yang kondisinya sehat. Semua hewan di sini sehat, jadi bisa divaksinasi sebagai upaya pencegahan," kata Suhendra. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved