Terangi Bangsa Dengan Pendidikan, PLN Beri Bantuan ke Sekolah Gratis

PLN beri bantuan sarana komputer ke sekolah gratis, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bina Bangsa Berkarakter untuk memperluas akses pendidikan

dok PLN UID Jabar
PLN unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) memberikan bantuan sebesar RP. 168.500.000,- untuk PKBM Bina Bangsa Berkarakter di kampung Cilimus Desa Padaasih Kab. Bandung Barat pada 15 Juni 2022 

TRIBUNJABAR.ID - DALAM rangka memperluas akses pendidikan, meningkatkan kualitas dan kesejahteraan anak-anak di Jawa Barat, khususnya yang kurang mampu, PLN beri bantuan sarana komputer ke sekolah gratis, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bina Bangsa Berkarakter.

PLN unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) memberikan bantuan sebesar RP. 168.500.000,- untuk PKBM Bina Bangsa Berkarakter di kampung Cilimus Desa Padaasih Kab. Bandung Barat pada 15 Juni 2022. Bantuan ini diserahkan oleh Asisten Manajer Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN UID Jabar sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN di bidang pendidikan kepada Kepala Sekolah PKBM Bina Bangsa Berkarakter.

Asisten Manajer TJSL PLN UID Jabar, Asep Priatna menyampaikan bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan yang layak.

PLN unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) memberikan bantuan sebesar RP. 168.500.000,- untuk PKBM Bina Bangsa Berkarakter di kampung Cilimus Desa Padaasih Kab. Bandung Barat pada 15 Juni 2022
PLN unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) memberikan bantuan sebesar RP. 168.500.000,- untuk PKBM Bina Bangsa Berkarakter di kampung Cilimus Desa Padaasih Kab. Bandung Barat pada 15 Juni 2022 (dok. PLN UID Jabar)

"Kami menyadari pendidikan menjadi dasar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Berbagai bantuan tersebut diadakan agar anak-anak Indonesia memperoleh kesempatan pendidikan yang layak dan berkualitas melalui fasilitas sarana teknologi yang mumpuni sehingga mereka mampu bersaing di era globalisasi tanpa batas ini," ujarnya.

Asep menambahkan bahwa hal tersebut juga merupakan Komitmen PLN dalam melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ TPB (Sustainable Development Goals/SDGs) nomor 4 yaitu pendidikan berkualitas. Kehadiran ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Sekolah PKBM Bina Bangsa Berkarakter merupakan pusat kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan secara gratis untuk masyarakat yang putus sekolah atau tidak mampu. Rosani Pudjiati, Kepala Sekolah PKBM Bina Bangsa Berkarakter menjelaskan bahwa meski secara geografis lokasi desa dekat dengan kota Cimahi dan Bandung, namun perhatian masyarakat disekitar sekolah terhadap pendidikan masih kurang.

"Di daerah ini tidak banyak anak lulus sekolah sampai SMA. Mereka menganggap bahwa sekolah tidak prioritas. Oleh karena itu, kami mendirikan sekolah ini agar mereka peduli terhadap pendidikannya sehingga mereka mampu menghadapi tantangan kedepannya," pungkas Rosani.

PKBM Bina Bangsa Berkarakter terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Program Kesetaraan paket A (setara SD), Paket B (serata SMP), dan Paket C (setara SMA). Total muridnya sebanyak 90 orang yang berasal dari berbagai daerah dan warga sekitar yang tidak mampu membayar sekolah. Tenaga pengajarnya sendiri sebanyak 14 orang yang berasal dari beragam background seperti mahasiswa universitas pendidikan, lulusan universitas yang sedang pengabdian, dan pegawai BUMN.

Menilik kondisi sekolah yang masih kekurangan, bantuan PLN menjadi pendukung yang sangat berarti bagi mereka. Rosani mengapresiasi PLN atas bantuan PLN sejak tahun 2021 hingga sekarang seperti perpustakaan digital dan perangkat komputer di sekolahnya.

"Saya sangat terharu atas berbagai bantuan PLN. Kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada PLN yang turut berpartisipasi mendukung pengembangan pendidikan di sekolah kami. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami karena salah satu pekajaran kami adalah IT," ucapnya.

Rosani berharap bantuan PLN tidak hanya berhenti sampai di tahun 2022 namun terus berkelanjutan sehingga kualitas pendidikan di sekolah ini semakin meningkat dan makin banyak murid dapat menyelesaikan sekolahnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved