Perhatikan Berikut Tanda Shockbreaker Motor Harus Segera Diganti

Bagi pengguna kendaraan roda dua harus tahu kapan saatnya mengganti shockbreaker motor

Editor: Siti Fatimah
dok DAM
Shockbreaker Motor- Bagi pengguna kendaraan roda dua harus tahu kapan saatnya mengganti shockbreaker motor. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Shockbreaker merupakan salah satu perangkat di sepeda motor yang berfungsi untuk meredam goncangan-goncangan pada sepeda motor ketika melewati permukaan jalan yang yang bergelombang, tidak rata atau jalanan berlubang sehingga memberikan kenyamanan berkendara.

Cara kerja dari Shockbreaker menggunakan system hidrolik untuk menyerap goncangan dan getaran pada sepeda motor. Selain itu, shockbreaker berhubungan secara langsung dengan kestabilan sepeda motor.

Apalagi saat pengendara menggunakan sepeda motor melewati jalanan  menikung, shockbreaker yang mempunyai kualitas baik sangat dibutuhkan agar motor tetap stabil, tidak oleng dan tidak membuat anda terjatuh sehingga anda bisa berkendara dengan rasa aman dan nyaman.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, usia pakai shockbreaker tidak tergantung dari berapa lamanya digunakan, tetapi bisa diperhatikan dan dillihat dari gejala dan tanda-tanda secara fisik yang terdapat pada shockbreaker tersebut.

Shockbreaker Motor
Shockbreaker Motor (dok DAM)

 “Selain itu usia pakai shockbreaker juga dipengaruhi oleh kondisi jalan yang biasa dilewatinya, beban kendaraan serta cara perawatannya,” ujar Ade.

Untuk memastikan shockbreaker harus diganti bisa dilihat dari dua kondisi, yaitu secara visual  dan secara fungsi.

Jika dilihat secara visual, langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui kapan shockbreaker motor harus diganti, yaitu dengan memeriksa kondisi fisiknya secara langsung.

Perhatikanlah shockbreaker dari kerusakan yang mungkin terjadi dari kondisi berikut :

1.    Terdapat Rembesan Oli

2.    Lapisan Chrome terkelupas (pipa shock depan)

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved