Butuh Pengganti Dana Darurat, Lebih Baik Pinjam Online atau Teman?

Dalam keadaan darurat, Anda memiliki opsi untuk mengajukan pinjaman ke teman, keluarga, ataupun pinjaman online.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pinjaman online 

TRIBUNJABAR.ID, - Dana darurat, semua orang pasti paham tentang pentingnya memiliki pos keuangan tersebut. Melalui dana darurat, Anda mampu mengantisipasi berbagai risiko masalah finansial mendesak yang dapat muncul secara mendadak dan tanpa pertanda.

Bisa dibilang, pos keuangan ini adalah penyelamat kondisi finansial di keadaan genting dan bisa menghindarkan seseorang dari potensi kebangkrutan atau semacamnya.

Hanya saja, mengumpulkan dana darurat hingga mencapai nominal yang pas membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Idealnya, Anda perlu menyiapkan dana darurat dengan nominal setara 6 sampai 12 kali pengeluaran tiap bulan agar bisa mendapatkan kondisi keuangan yang sehat.

Lalu, bagaimana jika masalah keuangan terlanjur datang padahal dana darurat belum terkumpul? Dalam kondisi seperti itu, ada beberapa opsi solusi yang bisa dipilih untuk mengatasinya. Salah satunya mengajukan pinjaman, seperti, ke teman, relasi, maupun keluarga, atau pinjaman secara online.

Baik mengajukan pinjaman ke teman atau pinjaman online memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Nah, agar bisa menentukan opsi pinjaman mana yang sebaiknya dipilih, simak beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait pinjaman ke teman atau pinjaman online berikut ini.

1. Pertimbangan Pinjam Dana Darurat ke Teman atau Keluarga
Dalam kondisi mendesak, tak sedikit orang yang menjadikan teman atau keluarga sebagai tumpuan untuk mendapatkan bantuan finansial dan mengajukan pinjaman. Alasannya sederhana, pinjaman ke teman atau keluarga sering kali terbebas dari bunga dan denda keterlambatan sehingga bisa mengurangi beban finansial.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved