Presiden Jokowi Perintahkan Agar Lockdown Zona Merah Wabah PMK, Termasuk Jawa Barat

Lockdown zona merah, ucapnya, tidak boleh ada pergerakan hewan dari dan ke provinsi yang masuk kategori zona merah, satu di antaranya Jawa Barat.

Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
Potret sapi milik warga bernama Rosyadi yang dipastikan terpapar wabah PMK di Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan/Kabupaten Majalengka 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memerintahkan untuk lockdown zona merah PMK (penyakit kuku dan mulut).

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan PMK, Letjen TNI Suharyanto, mengatakan zona merah PMK itu artinya 50 persen kecamatan di provinsi sudah terinfeksi PMK.

Lockdown zona merah, ucapnya, tidak boleh ada pergerakan hewan dari dan ke provinsi yang masuk kategori zona merah, satu di antaranya Jawa Barat.

Tercatat, Jawa Barat masuk daftar 11 provinsi zona merah penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Tidak boleh ada pergerakan hewan dari satu titik ke titik lain jadi semuanya di lockdown,” kata Suharyanto salam rapat secara daring, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Jawa Barat Masuk Daftar 11 Zona Merah Penyakit Mulut dan KukuSuharyanto meminta Kapolda,

Kapolres, Danrem, dan Dandim memastikan tidak ada pergerakan hewan di provinsi yang tergolong zona merah tersebut.

“Saya yakin nanti dari bapak Kapolri juga memerintahkan karena memang ini sudah perintah dari pimpinan negara,” katanya.

Ia menambahkan target dari Satgas Penanganan PMK ini adalah tidak ada lagi tambahan zona merah wabah PMK.

Saat ini, sudah ada 19 provinsi yang terserang wabah PMK.

“Kita sepakat semua tidak ada lagi mudah-mudahan, targetnya tidak lagi bertambah di daerah merah terkait penyakit mulut dan kuku,” katanya. (Penulis: Taufik Ismail)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kepala BNPB: Presiden Perintahkan Lockdown Wilayah Zona Merah PMK

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved