Ini Alasan Partai NasDem Putuskan Nama Ganjar Pranowo sebagai Kandidat Capres Meski Kader PDIP

Partai NasDem memiliki alasan tersendiri mengusung kader partai lain sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Editor: Giri
tangkapan layar
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam Rakernas Partai Nasdem 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (16/6/2022). Surya Paloh menjelaskan alasan menjadikan Ganjor Pranowo kandidat bakal capres yang diusung meski kader PDIP. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Partai NasDem memiliki alasan tersendiri mengusung kader partai lain sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Seperti diketahui, NasDem telah mengumumkan tiga nama yang menjadi kandidat. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menilai siapa pun figur calon presiden (capres) terbaik, bisa diusung oleh partai mana pun.

Oleh karena itu, ia menegaskan, pentingnya parpol untuk memperjuangkan kepentingan bangsa di atas kepentingan sendiri.

“Memang dalam pandangan, pikiran NasDem, kalau kita memilih calon pemimpin bangsa dia bebas terikat dari batasan, katakanlah (calon itu) miliknya partai, itu pemahaman kita,” ungkap Surya Paloh dalam program Satu Meja The Forum Kompas TV, Kamis (23/6/2022).

Hal itu, imbuh dia, yang kemudian menjadi alasan NasDem untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai salah satu dari tiga bakal capres pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem pekan lalu.

Dia menegaskan, pihaknya tak memiliki keinginan untuk membajak Ganjar yang merupakan kader PDI Perjuangan.

Baca juga: Begini Tampang Pencuri Sepeda Motor di Indekos di Subang, Terekam CCTV dan Viral di Medsos

“Mas Ganjar baik menurut NasDem, memang dia datang sebagai kader PDIP sahabatnya NasDem dalam koalisi pemerintah,” katanya.

“Kalau Mas Ganjar tidak menerima (pengusungan capres) itu lain masalah. Kita menghormati itu. Tapi niat baik kita, saya pikir (dalam) niat baik itu ada spontanitas di sana, ada keinginan kita untuk melihat (Ganjar) ini bagus sebenarnya,” papar Surya.

Surya mengaku tak akan menghalangi jika ada kadernya yang dinilai dapat menjadi pemimpin bangsa dan diusung oleh parpol lain.

“Langsung saya katakan terima kasih dan penghormatan saya. Ini kan sebuah simbiosis yang (bisa) terjadi di mana saja,” tutur dia.

Lebih lanjut, Surya tak mau ada kerenggangan hubungan antara Partai NasDem dengan PDI Perjuangan karena pengusungan Ganjar sebagai kandidat capres.

Ia menegaskan bakal tetap berupaya membangun komunikasi dengan partai berlambang banteng itu.

“Saya akan upayakan itu bagaimana pun juga komunikasi itu mutlak harus terjaga secara baik,” kata dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved