Biaya Renovasi Interior Kantor Bupati dan Wakil Bupati Bandung Rp 2,2 Miliar, LPSE Diminta Hati-hati

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Yanto, menilai proyek di atas Rp 2 miliar harus melalui lelang yang dilakukan LPSE setda Kabupaten Bandung.

ISTIMEWA
Kantor Bupati Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Rencana renovasi interior Kantor Bupati dan Wakil Bupati Bandung ramai diperbincangkan karena menelan anggaran mencapai Rp 2,2 miliar.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Yanto, menilai proyek di atas Rp 2 miliar harus melalui lelang yang dilakukan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) setda Kabupaten Bandung.

"Setelah komisi C klarifikasi ke LPSE, dalam prosesnya bagian barjas mengecek perusahaan calon penyedia atau perusahaan, dan CV Bina Darma tersebut, muncul di Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP)," ujar Yanto saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Jumat (24/6/2022).

Menurut Yanto alamat CV Bina Darma dinyatakan palsu karena tidak terdeteksi oleh LPSE.

"Hal ini bisa terjadi karena dalam perizinan terkendala Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No.503/6491/SJ tanggal 17 Juli 2019, di dalam point 6 huruf a dan b," kata Yanto.

Baca juga: Renovasi Interior Kantor Bupati dan Wakil Bupati Bandung Sedot Dana Miliaran, Menuai Kritik Warga

Isinya, ucap dia, kepada perangkat daerah, agar dalam memberikan izin tidak mempersyaratkan HO/SKDU/SITU, sehingga alamat perusahaan saat mengajukan izin tidak terkontrol.

"Walaupun begitu, kalau sudah jelas alamat perusahaan bodong apalagi perusahaan konstruksi tersebut tidak terdaftar di SIKI ( system informasi Konstruksi Indonesia), sebaiknya LPSE jangan beresiko," kata dia.

Menurutnya, kalau alamat perusahaan bodong, akan sulit pertanggungjawaban bila pekerjaannya asal-asalan.

"Kejadian ini mudah-mudahan tidak terjadi lagi, bila personel perizinan melaksanakan tupoksinya dengan baik dan benar," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved