Pungli PPDB SMK di Jabar

SMKN 5 Bandung Kena OTT Saber Pungli, Wali Kota Bandung Coba Antisipasi di Jenjang SD dan SMP

Aksi tangkap tangan yang dilakukan Tim Saber Pungli Jawa Barat di SMKN 5 Bandung menjadi perhatian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Giri
TRIBUNJABAR.ID/TIAH SM
Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Kelurahan Antapani Kidul Kamis, (23/6/2022). Yana melihat PPDB di Kota Bandung semakin baik dari tahun ke tahun. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Aksi tangkap tangan yang dilakukan Tim Saber Pungli Jawa Barat di SMKN 5 Bandung menjadi perhatian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Operasi tangkap tangan itu terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022.

Menurut Yana Mulyana, dalam PPDB 2022 ini sekolah diberik keleluasaan dalam melakukan manajemen berbasis sekolah, sehingga pihak sekolah memiliki kekuasaan untuk memproses PPDB ini.

"Tolonglah kan sudah ada regulasi (PPDB), jadi ya ikuti saja. Apalagi kan dengan sistem online ini saya rasa bisa memudahkan semua orang tua, siswa, dan sekolah," kata Yana di Balai Kota Bandung, Kamis (23/6/2022).

Mengenai adanya kemungkinan celah kecurangan, Yana menyebut sistem sebagus apa pun tetap ada celah kalau niatnya sudah jelek.

Baca juga: BREAKING NEWS Saber Pungli Jabar OTT Panitia PPDB SMKN 5 Bandung, Begini Modus Pungutan Liar

"Mudah-mudahan saya melihat dari tahun ke tahun semakin sempurna PPDB ini. Apalagi sudah online yang bisa beri kemudahan juga transparansi yang semakin baik," ujarnya. 

Yana juga menegaskan senantiasa mengingatkan kepada satuan pendidikan. Dia juga mengaku pada pertemuan dengan seluruh kepala sekolah dasar dan pengawas untuk ikuti rambu dan menyepakatinya.

Baca juga: Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Harris Bohiboe Soroti Pelaksanaan PPDB 2022 di Jawa Barat

"Insyaallah mudah-mudahan di Bandung aman (SD-SMP) terutama prinsip keadilan juga harus dijalankan. Pak Kadisdik juga bilang tadi saat bertemu bahwa tahun ini belum ada laporan kendala PPDB di SD dan SMP," katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved