PLN Serahkan Pompa Air Listrik kepada Kelompok Tani di Desa Ciheras Tasikmalaya

PLN melalui program TJSL serahkan bantuan terhadap Kelompok Tani, Taruna Tani Dusun Lembur Tengah berupa pompa air portable berbasis baterai (23/6)

Penyerahan Pompa Air Portable Berbasis Baterai Dari PLN Untuk Kelompok Tani di Desa Ciheras, Kab. Tasikmalaya 

Tasikmalaya – PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Kamis (23/6/2022), menyerahkan bantuan terhadap Kelompok Tani, Taruna Tani Dusun Lembur Tengah, Desa Ciheras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya berupa pompa air portable berbasis baterai.

Program ini bertujuan untuk menyediakan sarana penunjang berupa pompa air portable berbasis baterai yang dapat digunakan oleh para petani dalam melakukan pengairan lahan persawahan. Pompa ini adalah hasil karya dari kelompok mahasiswa melalui pendanaan dan bimbingan dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan (PUSLITBANG) sebagai unit PLN yang bergerak dalam penelitian dan pengembangan teknologi kelistrikan di lingkungan PT PLN (Persero), ujar Rizal Sirait, Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN PUSLITBANG.

"Alhamdulillah, kita berterima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan berupa pompa air kepada kami para petani di Dusun Lembur Tengah yang sering kesulitan dalam penyediaan air terutama pada musim kemarau, semoga program ini terus berlanjut pada masa yang akan datang dan program ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat penerima manfaat” ujar Saripudin , perwakilan kelompok tani taruna tani.

Sebagai informasi, TJSL adalah program rutin dari PLN dalam membantu menunjang kesejahteraan sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar. Dalam
program ini PLN PUSLITBANG melibatkan beberapa mahasiswa kreatif dan bersemangat yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PLN dalam kegiatan penelitian di kalangan Mahasiswa.

Sebagaimana diketahui dalam pelaksanaan tugas akhir dan kerja praktek, mahasiswa sering terkendala dalam hal pembiayaan riset, mentoring dan topik riset yang tepat guna bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, PLN PUSLITBANG turut serta memfasilitasi proses pembelajaran tepat guna melalui program pemberdayaan mahasiswa untuk mewujudkan pompa air portable berbasis listrik ini.

Selanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menimbulkan sense of crisis mahasiswa dalam menyikapi persoalan pada masyarakat sekitar. Program ini juga bagian dari semangat transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal untuk masyarakat indonesia, khususnya di sektor pertanian.
PLN terus mengajak para petani agar memanfaatkan listrik yang ada guna meningkatkan hasil produksinya. Dengan pemanfaatan listrik yang tepat dan maksimal juga diharapkan dapat menekan biaya produksi yang selama ini bergantung pada mesin diesel dalam kegiatan sehari hari.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved